Dark/Light Mode

Jangan Berlebihan! (2)

Dukungan Ekstrim Kasar & Kotor Bisa Merusak Persaudaraan

Senin, 11 Februari 2019 09:12 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Saya tidak bermaksud menuliskan ini untuk sebuah konsep semata. Tapi sebagai peringatan, betapa dalam menyikapi banyak hal dalam hidup, kita terperangkap ke dalam sikap ekstremisme yang berbahaya.

Salah satunya di musim kampanye ini. Saya melihat setiap datang musim kampanye, terjadi perilaku ekstrim. Yang membawa kepada bentuk-bentuk destruksi. Atau dalam bahasa hadits tadi “tahlukah” (kerusakan).

Baca juga : Perusakan Atas Nama Kebaikan

Dalam upaya memperlihatkan dukungannya sebagai kandidat yang terbaik, mulai bermunculan kata-kata kasar dan kotor. Bahkan fitnah dan kebohongan pun merajalela.

Ekstrim dalam mendukung seperti ini membawa kepada kehancuran (tahlukah). Kehancuran pikiran dari positif menjadi negatif. Kehancuran kata dari santun menjadi kasar dan kotor. Kehancuran sikap dari jujur kepada bohong dan fitnah.

Baca juga : Kenapa Tak Ada Christian Atau White Terrorist

Kehancuran hubungan silaturrahim dan persaudaraan kepada perpecahan dan permusuhan. Ingat, mendukung itu hak bahkan positif dalam dunia demokrasi.

Tapi mendukung tidak berarti berlebihan (ekstrim) dan melakukan perusakan. Sekali lagi perusakan itu semakin nyata dalam hubungan silaturrahim dan persaudaraan. Betapa kemarin sebelum musim kampanye semua indah dalam anyaman tali persaudaraan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :