Dark/Light Mode

Menelusuri Makna Siyasah (2)

Jumat, 4 September 2020 05:48 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mereka  mengatakan: apa yang engkau perintahkan kepada kami. Nabi mengatakan: Penuhilah dan baiatlah yang pertama dan selanjutnya. Dan berikanlah hak mereka, karena sesungguhnya Allah akan menanyai mereka (di hari kemudian) tentang kepemimpinan mereka. (HR. Baihaqi).

Kata tasusu dalam hadits tersebut diartikan sebagai urusan administrasi dan pemerintahan. Penjelasan tersebut memberi satu indikasi konkret bahwa masyarakat Arab sudah memahami makna implisit kalimat siyasah.

Baca juga : Menelusuri Makna Siyasah (1)

Tidak heran jika para ulama, terutama ulama fikih siyasah, sering menggunakan kata siyasah untuk menjelaskan hal ihwal pemerintahan. Ibnu Taimiyah bahkan memberi judul salahsatu karya monumentalnya dengan judul: Assiyasah Assyar’iah fi Islahi arra’i wa arraiyah.

Ibnu Qayyim Al-Jauziah juga memilih judul salah satu karyanya dengan: atturuk al-hukumiah fi Assiyasah Assyar’iah. Penggunaan kata siyasah dari kedua ulama besar di atas tidak lain adalah politik dalam arti yang positif, yaitu sebuah usaha untuk menciptakan keteraturan dan ketenangan hidup di dalam masyarakat.

Baca juga : Norwegia Dikutuk Dunia

Tidak dipungkiri memang, kata siyasah seringkali berkonotasi adanya kekalahan di balik kemenangan dan adanya tuduhan kecuranganbalik setiap kemenangan, yang pada akhirnya men-imbulkan fitnah di dalam masyarakat. Itulah sebabnya kata siyasah sering identik dengan praktek kotor yang mengundang fitnah.

Syekh Muhammad Abduh seorang ulama terkenal Mesir pernah menyatakan: a’udzu billahi min al-siyasah (aku berlindung kepada Allah dari politik), karena citra politik di mata beliau sering diwarnai dengan praktek keji. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.