Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (47)

Menghindari Gratifikasi (2)

Kamis, 24 Desember 2020 05:07 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam hadis lain juga dikatakan dari Abu Hurairah, Nabi ber­sabda: Allah melaknat orang yang me­nyogok dan yang disogok dalam suatu perkara. (HR Ibnu Hajar al-Asqalani, Bulug al-Maram, halaman. 550). Redaksi mirip disampaikan oleh Abdullah bin Amru, mengatakan. Nabi bersabda: Yang menyogok dan yang disogok keduanya di neraka. (HR Tabrani, Al- Mu’jam Al-Ausat, Jilid 2, halaman. 296).

Baca juga : Menghindari Gratifikasi (1)

Berdasar pada hadis-hadis di atas, ter­gambar di benak kita betapa Allah sering melaknat orang-orang yang suka menyo­gok, begitu juga orang-orang yang suka disogok, termasuk yang memfasilitasi keduanya dalam suatu perkara; dan ked­uanya akan dihukum oleh Allah dengan dimasukkannya ke dalam neraka.

Baca juga : Menjauhi Penghianat (5)

Sogokan dan Gratifikasi, dan semacamnya dapat dibedakan dengan hadiah. Hadiah dapat dimaknai sebagai pemberian sesuatu kepada orang lain dengan tujuan untuk menghormati, me­muliakan, mengasihi, dan mencintainya; dan pada dasarnya adalah halal.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.