Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (47)

Menghindari Gratifikasi (1)

Rabu, 23 Desember 2020 05:06 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Suatu ketika, Abu Humaid al-Saidi men­ceritakan Nabi telah menunjuk seorang lelaki dari Azad ber­nama Ibnu al-Lutbiah untuk mengumpulkan zakat atau shadaqah.

Baca juga : Menjauhi Penghianat (5)

Setelah ia selesai melaksanakan tugasnya, ia pun ke­mudian datang kepada Nabi seraya mengatakan: Ini untuk engkau, dan ini untukku karena sebagai hadiah.

Baca juga : Menjauhi Penghianat (4)

Lalu Nabi naik mimbar, dan setelah memuji Allah SWT beliau mengatakan: Bagaimana masalah seorang amil zakat yang telah kami percayai untuk menu­naikan suatu tugas, lalu kemudian ia datang sambil mengatakan: Ini untuk engkau, dan ini untukku karena seba­gai hadiah.

Baca juga : Menjauhi Penghianat (3)

Seandainya saja ia hanya duduk-duduk di rumah bapaknya atau ibunya lalu ia menunggu, apakah akan ada seseorang yang akan memberikan hadiah kepadanya atau tidak? Demi jiwaku yang ada dalam genggamannya, tidaklah seseorang mengambil sesuatu dari harta (yang dikoleksinya) tersebut kecuali nanti ia akan datang di hari kiamat dengan memikulnya di atas pundaknya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.