Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (7): Pusat Informasi Publik (2)

Sabtu, 6 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Di mana Nabi le­wat di sebuah jalan, di sini Nabi disapa dan dihampiri para sahabatnya.

Suatu ketika, ia bercanda dengan seorang perempuan tua. Ia diminta mendoakan sang nenek masuk sur­ga. Tapi Nabi mencan­dainya dengan mengatakan: “Nenek tua tidak boleh menjadi penghuni surga”.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (7): Pusat Informasi Publik (1)

Sang nenek pun menangis. Namun Nabi menghiburnya dengan menga­takan: “Memang tidak ada nenek atau kakek tua masuk surga. Karena semuan­ya akan berubah menjadi usia yang pal­ing segar, seperti belasan tahun.”

Dalam kesempatan lain, Nabi juga se­lalu menyapa kepala setiap anak kecil yang dilewatinya, sehingga anak-anak semua tahu, kalau Nabi mencintai anak-anak.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (6): Rumah Singgah (2)

Sahabat produktif lain, seperti yang memang sudah menjadi sahabat setia Nabi tidak pernah berpisah lama dengan Nabi. Mereka selalu merindukan senyu­man dan sapaan lembut Nabi.

Masjid sebagai pusat informasi publik betul-betul terlihat di masjid Nabi. Orang-orang datang dari jauh bukan hanya untuk mendapatkan pahala shalat yang lebih baik, tetapi juga untuk mendapatkan in­formasi penting dari the first person, Nabi Muhammad SAW. Cerita Nabi tentang Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, dan akhlak Nabi, banyak dibahas di masjid Nabi di Madinah sambil menunggu kehadiran Nabi di masjid.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (6): Rumah Singgah (1)

Masjid Nabi juga sering menjadi alamat pos dari anak-anak atau ke­luarga yang mengirim surat dari luar kota. Nabi atau tim Abi Hurairah yang mendistribusikan kiriman yang ada. Kiriman-kiriman tersebut ada dalam bentuk surat menyurat, makanan atau minuman, dan sebagainya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.