Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (14): Tempat Latihan Bela Diri (1)

Jumat, 19 Maret 2021 06:08 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu fungsi masjid Nabi yang mungkin jarang di­lakukan di masjid-masjid kita sekarang ialah latihan bela diri atau latihan perang-perangan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (12): Santunan Sosial (2)

Seperti diketahui, di Madinah hampir tiap hari terdapat ancaman bagi umat Islam, baik ancaman perang maupun kasus-kasus sentimental secara personal terhadap komunitas Islam; untuk itu Nabi memandang penting melakukan pelatihan bela diri atau latihan perang-perangan agar umat Islam selalu siap dengan segala kemungkian.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (12): Santunan Sosial (1)

Khusus para prajurit yang akan berangkat perang biasanya dilakukan taktik dan strategi peperangan di da­lam masjid. Khawatir jika dilakukan di luar masjid rahasia strategi perang umat Islam diketahui oleh musuh yang memungkinkan terjadinya kelemahan bagi umat Islam.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (11): Penelusuran Bakat (2)

Para pelatih pasukan bela diri biasanya diminta untuk menerapkan teknik peperangan menghadapi kaum mayoritas. Pasukan Nabi selain jumlahnya terbatas dibanding musuh juga tidak didukung dengan persenjataan lengkap.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.