Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (8): Tempat Penampungan Pengungsi (2)

Senin, 8 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mereka yang ahli di dalam bidang lain disesuaikan. Sementara kaum perempuannya sama, diminta mengajarkan ilmu kecantikannya kepada putri-putri Madinah. Termasuk yang memiliki keterampilan menyamak kulit, bahasa asing, dan keterampilan lainnya.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (8): Tempat Penampungan Pengungsi (1)

Semua bentuk pengajaran keterampilan itu dilakukan di Masjid Nabi. Penjadwalan waktu dan pembagian ruangan diatur oleh penanggung jawab kawasan yaitu Abi Hurairah. Dalam waktu singkat, satu persatu warga masyarakat mengekspose dan mengekspor produk-produk mereka ke manca negara.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (7): Pusat Informasi Publik (2)

Luar biasa kecerdasan yang ditunjukkan seorang Nabi Muhammad Saw. Adalah cukup beralasan jika Thomas Carlile dan Michel A Hart menempatkan Nabi Muhammad sebagai The Best One di antara seluruh umat manusia yang pernah lahir di permukaan bumi ini.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (7): Pusat Informasi Publik (1)

Ini sebuah ke­agungan, tetapi sekaligus tantangan bagi umatnya. Bagaimana mengambil alih kembali masa kejayaan Islam seperti yang melahirkan bangkitnya ilmu pengetahuan di Abad Pertengahan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.