Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (22): Tempat Beribadah Mahdhah (2)

Sabtu, 10 April 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Mengingat lahan semakin terbatas dan masjid-mushalah berada di pusat pemukiman masyarakat, maka amatlah mubazir jika masjid-mushalah hanya dijadikan tempat pelaksanaan ibadah mahshah seperti shalat dan i’tikaf, tetapi sudah saatnya masjid-mushalah dikem­bangkan sebagai pusat pemberdayaan umat dan warga masyarakat. Bahkan jika mencontoh masjid Nabi, bukan hanya untuk umat Islam semata tetapi umat manusia secara keseluruhan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (22): Tempat Beribadah Mahdhah (1)

Allah SWT mengingatkan kita betapa perlunya menghargai dan respek kepada siapapun yang merasa anak cucu Adam, tanpa membedakan jenis kelamin, etnik dan agama, sebagaimana ditegaskan dalam ayat: Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Q.S. Al-Isra’/17:70).

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (21): Multi Fungsi Menara Masjid (2)

Dalam ayat lain dipertegas: Hai manusia, sesungguhnya Kami mencip­takan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal men­genal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. (Q.S. A-Hujurat/49:13). (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.