Dark/Light Mode

Memberdayakan dan Diberdayakan Masjid (6)

Trend Pemberdayaan Masjid (1)

Sabtu, 24 April 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ruang (space) di sebagian wilayah Indonesia terasa semakin “Islam”, kar­ena hampir tiada lagi celah ruang yang tidak terjangkau suara azan yang diku­mandangkan melalui speaker masjid.

Baca juga : Yang Ambisius Tidak Diberi Jabatan

Pertumbuhan jumlah masjid dan mushalla dalam dekade terakhir ber­banding lurus dengan fenomena pening­katan kualitas spiritual di masyarakat. Masjid dan mushalla menjadi faktor tersendiri dalam pembangunan fisik, seperti pembangunan perumahan, per­kantoran, kampus, rumah sakit, hotel, restoran, pasar sampai pada sarana angkutan laut. Seolah-olah tidak ada lagi alasan meninggalkan shalat karena keterbatasan tempat shalat.

Baca juga : Reorientasi Kultur Masjid (3)

Hanya saja masih perlu dicermati fenomena kuat di masyarakat, masjid masih lebih banyak difungsikan seba­gai tempat untuk melaksanakan ibadah ritual, seperti shalat berjamaah. Begitu selesai shalat, masing-masing jamaah bubar tanpa banyak mendatangkan efek sosial secara horizontal sesama jamaah. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.