Dark/Light Mode

Memberdayakan dan Diberdayakan Masjid (6)

Trend Pemberdayaan Masjid (4)

Selasa, 27 April 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Tawanan-tawanan perang yang menunggu dirinya dieksekusi ternyata dibebaskan dengan syarat, mereka men­gajari kelas-kelas yang sudah disiap­kan di dalam masjid berdasarkan peng­golongan bakat dan minat. Dalam waktu tidak terlalu lama, telah tersedia Sumber daya Manusia (SDM) Muslim yang handal sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Baca juga : Trend Pemberdayaan Masjid (3)

Inilah bagian kecil dari kesuksesan Nabi dan sekaligus dapat dilihat baha­gaimana peranan masjid sebagai bagian penting dalam upaya membebaskan masyarakat dari buta huruf dan buta keterampilan. Para tawanan perang tadi tanpa sedikit pun paksaan, akhirnya memilih menganut agama Islam dengan penuh kesadaran.

Baca juga : Trend Pemberdayaan Masjid (2)

Masjid di masa Nabi betul-betul menjadi faktor yang sangat penting. Di dalam masjid ketahuan, siapa sahabat yang sakit dan siapa yang mempunyai keahlian mengobati penyakit itu. Di masjid pula ketahuan siapa yang segera membutuhkan perhatian khusus untuk diberi bantuan khusus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.