Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (4)

Mitos Menstruasi Dan Sexology (2)

Jumat, 28 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pernyataan Rasulullah ini sampai kepada orang-orang Yahudi, dan mereka seperti shock mendengarkan pernyataan terse­but, karena apa yang selama ini dianggap tabu tiba-tiba dianggap sebagai “hal yang alami” (adzan). Kalangan mereka bereaksi dengan mengatakan apa yang disampaikan oleh laki-laki itu (Rasulullah) adalah suatu penyimpangan dari tradsi besar kita. Usaid ibn Hudhair dan Ubbad ibn Basyr melapor­kan reaksi tersebut kepada Rasulullah, lalu wajah Rasulullah berubah karena merasa kurang enak terhadap reaksi tersebut.

Baca juga : Mitos Menstruasi Dan Sexology (1)

Ayat ini sekaligus untuk memanu­siakan perempuan. Selama perempuan dalam keadaan menstruasi, ia bagaikan bukan manusia (unhuman), karena ter­lalu banyak daerah terlarang di sekitar tubuhnya. Ia dipersepsikan sedang berada dalam keadaan tabu, tidak bisa didekati apalagi digauli. Ayat tersebut turun untuk mengangkat martabat perempuan men­jadi sepenuhnya sebagai manusia biasa, sebagaimana halnya laki-laki. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.