Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Islam Dan Sexual Education (4)

Mitos Menstruasi Dan Sexology (2)

Jumat, 28 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam Islam, men­struasi lebih dikenal dengan haidl, berasal dari kata hadla-hadlan berarti keluarnya darah dalam waktu dan jenis tertentu. Dalam Al- Qur’an hanya disebut­kan empat kali dalam dua ayat, sekali dalam bentuk fi’il mudlari’/ present and future times (yahidl) dan tiga kali dalam bentuk isim mashdar/verbal noun (al-mahidl). Dari segi penamaan saja, kata haidl sudah lepas dari konotasi teologi yang berbau mitos.

Baca juga : Mitos Menstruasi Dan Sexology (1)

Masalah haid dijelaskan dalam Q.S.Al- Baqarah ayat/2:222 : ”Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah ‘kotoran’” oleh karena itu hendaklah kamu men­jauhkan diri dari wanita di waktu haidl; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintahkan Allah ke­padamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri)”.

Baca juga : Kedudukan Pemimpin Terbaik

Menarik untuk diperhatikan, sebab turunnya ayat ini dijelaskan dalam Hadis riwayat Imam Ahmad dari Anas, bahwa bilamana perempuan Yahudi sedang haid, masakannya tidak dimakan dan tidak boleh berkumpul bersama keluarga di rumahnya. Salah seorang sahabat menanyakan hal itu kepada Nabi, kemudian Nabi berdiam se­mentara maka turunlah ayat tersebut di atas.

Baca juga : Terima Kasih Pondok Pesantren

Setelah ayat itu turun, Rasulullah bersabda “Lakukanlah segala sesuatu (kepada isteri yang sedang haid) kecuali bersetubuh”.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.