Dark/Light Mode

Islam dan Sexual Education (18)

Perilaku Seksual Binatang (2)

Kamis, 8 Juli 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan-hubungan ini dilukiskan dalam bentuk syair oleh Jalaluddin Rumi dalam Matsnawi-nya:

Dari alam mineral aku mati lalu menjadi tumbuh-tumbuhan; dari alam nabati aku mati, dan mencapai alam hewan. Dari alam hewan aku mati dan menjadi ma­nusia. Lalu mengapa aku mesti takut? Kapan aku pernah jadi berkurang karena mati? Nanti aku mati sebagai manusia agar aku bisa membentangkan sayapku dan mengangkat kepalaku di antara para malaikat. Sekali lagi, aku akan berkorban dari alam malakuti dan menjadi apa yang tak sanggup dibayangkan imaginasi”.

Baca juga : Perilaku Seksual Binatang (1)

Manusia, selain mineral, ia juga tum­buh-tumbuhan, dan sekaligus binatang. Al-Farabi, sebagaimana dikutip Harun Nasution, menggambarkan struktur jiwa manusia dalam kaitannya den­gan tumbuh-tumbuhan dan binatang, dengan mengungkapkan daya-daya jiwa manusia yang meliputi:

1) Gerak (muharrikah/motion) yang meliputi makan (gadziyah/nutrition), meme­lihara (marbiyyah/perservation), dan berkembang (maulidah/reproduction),

Baca juga : Bias Gender Hubungan Intim (3)

2) Mengetahui (mudrikah/cognation) yang meliputi merasa (hassah/sensa­tion) dan imaginasi (mutakhayyalah/ imagination), 3) Berfikir (nathiqah/ intellection) yang meliputi akal praktis (al-‘aql al-‘amali/materian intellect) dan akal teoritis (al-‘aql al-nadhari).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.