Dark/Light Mode

Islam dan Sexual Education (18)

Perilaku Seksual Binatang (2)

Kamis, 8 Juli 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Daya berfikir manusia jauh di atas daya fikir binatang, karena manusia sudah memiliki kemampuan berfikir ke dalam tiga tingkat, yaitu:

Baca juga : Perilaku Seksual Binatang (1)

1) Akal potensial (al-‘aql al-hayulani/materian intellect), yang baru mempunyai potensi berfikir dalam arti melepaskan arti-arti atau bentuk-bentuk dari materinya.

Baca juga : Bias Gender Hubungan Intim (3)

2) Akal actual (al-‘aql bi al-fi’li/actual intellect), yang sudah dapat melepaskan arti-arti materinya, dan arti-arti itu telah mempunyai wujud dalam akal dengan sebenarnya, bukan lagi dalam bentuk actual (when the intelligibles becames actual in the mind). 3) Akal mustafad (al-‘aql al-mustafad/accuired intellect), yang sudah dapat menangkap bentuk semata-mata (al-shuwar al-mujarrad/ pure forms). Kalau tahap akal actual hanya menangkap arti-arti yang terlepas dari materi, maka akal mustafad sudah sanggup menangkap bentuk semata-mata (pure form).(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.