Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW

Gen Politik Kaum Quraisy

Sabtu, 10 Juli 2021 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Islam sangat anti KKN. Ia tidak per­nah mau menoleransi agama Islam untuk menerima hal-hal khusus dari mana pun. Hanya saja ada sebuah pernyataan Nabi yang menim­bulkan perdebatan para ulama, yaitu ek­slusifitas kelompok atau suku Quraisy.

Baca juga : Perilaku Seksual Binatang (3)

Nabi diberitakan pernah menyatakan bahwa: Sukain bin Abdul Aziz mengata­kan: Sayyar bin Salamah Abu al-Minhal telah menceritakan kepada kami bahwa dirinya telah datang/masuk bersama dengan bapakku ke Abarzah dan di ked­ua telingaku terdapat dua anting-anting karena waktu itu aku masih kecil. Nabi bersabda: Kekuasaan/pemerintahan dari Quraiys ada tiga selama mereka melakukan tiga hal. Selama mereka berkuasa mereka berlaku adil; dan jika dimintai kasih sayangnya maka mer­eka akan mengasihi; dan jika mereka berjanji maka mereka akan memenuhi janjinya. Barangsiapa di antara mereka yang tidak melakukan hal tersebut, maka Allah, malaikat; dan semua orang akan melaknatnya. (HR Ahmad, Al- Musnad, Jilid, hal. 26).

Baca juga : Perilaku Seksual Binatang (2)

Dalam hadis lain dikatakan: Dari Anas bin Malik, bahwasannya Nabi bersabda: Para pemimpin dari Quraiys, karena jika mereka yang berkuasa/ memimpin, maka mereka adil, dan jika mereka berjanji maka mereka me­nepati janji; dan jika mereka dimintai untuk menyayangi maka mereka akan menyayangi. (HR Baihaqi, Assunan al-Kubra, Jilid 8, hal.144).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.