Dark/Light Mode

Islam Dan Sexual Education (17)

Bias Gender Hubungan Intim (2)

Senin, 5 Juli 2021 07:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasal-pasal dalam Kitab Kejadian sarat dengan pernyataan yang bias gender, dan karena itu, ia menyebut bab ini dengan female genesis dengan konotasi sinis (Martiette Nowak, Eve’s Rib, New York: St. Martins’s Press, 1980, halaman 21 dan 48).

Baca juga : Bias Gender Hubungan Intim (1)

Dalam Kitab Kejadian, Adam diciptakan lebih awal dan perempuan (Hawwa/Eva), diciptakan dari tu lang rusuk Adam sebagai pelayan (helper). Hawa kemudian dipersalahkan berkolusi dengan Iblis untuk menggoda Adam memakan buah terlarang yang menyebabkan jatuhnya ke bumi.

Baca juga : Mestikah Laki-laki Menjadi Sexual Drivers? (2)

Peristiwa ini diceritakan dalam Kitab Kejadian (Genesis) 1:26-27, 2:18-24, Kitab Imamat 2:7, 5:1-2.

Baca juga : Mestikah Laki-laki Menjadi Sexual Drivers? (1)

Ada informasi menarik dalam literatur Yahudi bahwa Hawa adalah pasangan kedua (the second wife) Adam. Pasangan pertama Adam ialah Lillith yang diciptakan bersama-sama dengan Adam dari tanah. Tetapi Lillith tidak mau menjadi pelayan dan objek seksual, lalu ia minggat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.