Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (25)

Interfaith Unity Walk

Selasa, 7 Mei 2019 08:31 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak kreasi dilakukan masyarakat AS dalam merawat kebersamaan di tengah perbedaan. Salah satu di antaranya ialah apa yang disebut mereka dengan Interfaith Unity Walk, jalan santai lintas agama.

Modalnya murah tetapi hasilnya lebih terasa. Kegiatan ini sangat efektif untuk mempersaudarakan dunia kemanusiaan di AS. Pesertanya bukan hanya sesama warga negara AS tetapi siapa pun boleh mengambil bagian untuk memeriahkan acara ini.

Di sela-sela jalan pagi lintas agama ini diisi juga beberapa kegiatan, antara lain berbagai macam hiburan dengan menampilkan unsur kesenian dan budaya yang bercirikan agama atau kepercayaan.

Baca juga : Kekompakan Sunny dan Syiah

Pagi itu betul-betul dipertunjukkan bahwa manusia dengan kemanusiaannya sesungguhnya sama. Sama-sama mencintai keluhuran, keindahan, dan kasih sayang.

Semula tradisi ini hanya dilaksanakan di Washington DC, tetapi saat ini dilakukan hampir di setiap negara bagian AS. Selain mendapatkan kesegaran jasmani juga tentu mereka merasakan adanya kesegaran spiritual.

Dengan penuh keriangan dan tentu saja kesegaran karena para peserta baru saja menghirup udara segarnya pagi.

Baca juga : Benarkah AS Negara Sekularisme?

Cuaca yang agak dingin menjadi lebih hangat dihangatkan oleh hangatnya persaudaraan antar sesama umat manusia.

Sebaliknya cuaca yang panas pun didinginkan oleh keakraban antara sesama peserta dari berbagai etnik dan agama.

Acara ini warna kulit tidak menjadi faktor pembeda. Ada yang berkulit warna putih dengan rambut bermacam-macam dari komunitas Anglo-Amerika, ada warna Hitam dari Afro-Amerika, ada warna coklat keturunan Arab, India, Pakistan, dan Asia Selatan, ada warna kuning keturunan Cina, Jepang, dan Korea, serta ada warna sawo matang keturunan Indonesia, dan Asia Tenggara lainnya.

Baca juga : Populasi Muslim Di AS

Mereka hadir dengan atribut keagamaan dan negaranya masing-masing. Betul-betul tampak benar apa yang difirmankan Allah SWT: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. (QS Al-Hujurat/49:13).

Dalam kegiatan Interfaith Unity Walk, para peserta bisa berkenalan satu sama lain tanpa kebencian dan rasa curiga satu sama lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.