Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Trend Islam Di AS (24)

Kekompakan Sunny dan Syiah

Senin, 6 Mei 2019 07:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hal yang menarik untuk dikaji di AS ialah kekompakan antara Islam Sunny dan Islam Syi’ah, yang di negara-negara lain seringkali tidak harmonis.

Di AS, dalam banyak tempat kedua aliran ini amat kompak di dalam mengelola umatnya masing-masing di dalam satu masjid atau dalam satu center bersama.

Di negara bagian Virginia, di sana ada Masjid yang disebut Masjid ADAMS Center, diklaim oleh pengurusnya sebagai Masjid terbesar ke­dua di AS.

Baca juga : Benarkah AS Negara Sekularisme?

Kami berdiskusi dengan pengurus Masjid yang dihadiri para imam di lingkungan kota Virginia dipimpin oleh Imam Muhammad Magid, Executive Director ADAMS Center sekaligus merangkap Imam Besar Kota Virginia.

Kami berdiskusi tentang peran umat Islam AS di dalam memperkenalkan Islam di AS, terutama pasca kejadian 9/11. Kami belajar banyak terhadap mereka dan mereka juga mengaku banyak belajar dari pengalaman kami di Indonesia.

Kami sama-sama mengembangkan Islam moderat (tawassuthiyyah). Kami juga mendengarkan peran ADAMS Center di dalam mendekati pemerintah dan komunitas masyarakat non-muslim yang begitu mengesankan.

Baca juga : Populasi Muslim Di AS

Diskusi kami dipotong oleh adzan yang menggema di Masjid itu, lalu kami shalat berjamaah bersama dengan komunitas Islam yang kebetulan juga dihadiri sejumlah masyarakat Indonesia yang berdomisili di sana.

Komunitas masyarakat Indonesia yang selalu mengiringi kami di sejumlah tempat kunjungan sampai ke Airport, dalam menempuh perjalan kami menuju Detroit.

Pukul 15.10 menjelang Magrib, Rabu 13 April 2019, kami tiba di Detroit dijemput dengan panitia yang sudah mempersiapkan hotel indah, Doubletree Hotel Dearborn, yang terletak di pinggir kota di tengah komunitas Islam.

Baca juga : Islam & AS: Overlapped

Keesokan harinya kami langsung berkunjung di sejumlah tempat. Pertama kami berkunjung ke sebuah Masjid yang berpekerangan luas. Di kompleks masjid ini berdiri gedung sekolah dan perkantoran yang melayani komunitas muslim di Dertroit.

Para pengurusnya memperkenalkan Islam di Kawasan itu dengan istilah Islam Susyi. Kami tidak faham apa yang dimaksud dengan Islam Susyi, ternyata yang dimaksudkannya ialah Islam Sunny-Syi’ah, karena fifty-fifty persen Sunny dan Syi’ah mendiami kawasan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.