Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (26)

Nuansa Islami Di Hollywood (1)

Rabu, 8 Mei 2019 07:03 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Mungkin artis itu terkenal sebagai artis porno di dalam berbagai film tetapi tiba-tiba diminta memerankan peran antagonis sebagai tokoh muslimah.

Hal ini ditanyakan apakah melanggar etika atau menyinggung perasaan umat Islam. Contoh lain, bisakah divisualisasi sabda Nabi walaupun itu dalam bentuk efek cahaya atau animasi, yang samasekali tidak menampilkan sosok Nabi Muhammad SAW.

 Termasuk juga sejumlah istilah agama dan sejarah Islam, apakah tidak bertentangan dengan fakta sejarah yang sesungguhnya. Demikian pula mereka ingin tahu denominasi atau mazhab-mazhab dalam Islam.

Baca juga : Interfaith Unity Walk

Jangan sampai produknya sudah Islam menurut versi sunny tetapi menyinggung perasaan kaum Syi’ah, demikian pula sebaliknya.

Ketika sang artis akan memerankan peran-peran yang berhubungan dengan Islam, Lembaga ini diminta memberi masukan.

Seperti apa yang terbaik dilakukan tanpa mengurangi aspek bisnis dari sebuah produk. Sebelumnya, pertimbangan seperti ini jarang dilakukan. Tidak heran jika dahulu banyak film Hollywood menuai kontroversi di dalam masyarakat muslim.

Baca juga : Kekompakan Sunny dan Syiah

Sampai kepada kepatutan kostum pemain secara komprehensif diminta untuk dinilai dan diberi masukan. Misalnya bolehkah mendendangkan sebuah lagu yang mengandung lirik agama tetapi dengan kostum perempuan tanpa hijab atau memperlihatkan lekuk atau dada.

Fungsi lembaga tersebut mirip dengan Badan Sensor Film (BSF) atau Komisi Peyiaran Indonesia (KPI) di Indonesia.

Bedanya, di Indonesia lembaga ini resmi dibentuk oleh negara, sedangkan MPAC Hanya merupakan Non Government Organization (NGO/LSM). Meskipun hanya NGO tetapi lembaga ini mendapatkan tempat yang diperhitungkan komunitas Hollywod.

Baca juga : Benarkah AS Negara Sekularisme?

Tanpa paraf atau rekomendasinya, sejumlah kalangan khawatir kalau masyarakat nanti memboikotnya, atau bahkan akan menimbulkan ketegangan di dalam masyarakat.

New trend Hollywood tidak akan menimbukan ketegangan yang bisa merusak tatanan kemanusiaan. Misi baru Hollywood ialah seni untuk kemanusiaan. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.