Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (3)

Kamis, 12 Agustus 2021 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam pola hubungan ini, Islam dan negara saling berlawanan, bahkan cenderung terlibat dalam konflik.

Baca juga : Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (2)

Pola demikian ini, mulai terbentuk dengan mantap sejak pemilu tahun 1971 yang menghasilkan kemenangan mayoritas bagi Golkar. Sejak itu, sistem kepartaian berbentuk hegemonik party system dan terus berlangsung pada pemilu-pemilu berikutnya.

Baca juga : Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (1)

Kemenangan mutlak Golkar ini memberikan legitimasi pemerintah untuk meneruskan kebijakannya. Penataan kelembagaan politik yang penting pada periode ini adalah fusi partai pada tahun 1973. Fusi ini telah memotong basis massa parpol, terutama parpol yang bergabung dalam PPP. Hal ini, menimbulkan krisis identitas karena fusi itu berarti pula sekularisasi politik secara formal dan simbolik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.