Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Jumat, 20 Agustus 2021 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam perspektif inilah, orientasi kemasyarakatan pesantren merupakan wujud dari dakwah bi al-hal, yaitu dakwah melalui amal perbuatan nyata. Hal ini merupakan sebuah misi utama yang diemban pesantren sebagai sebuah institusi pendidikan Islam.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (1)

Partisipasi pesantren dalam kehidu­pan sosial-kemasyarakatan sejak awal sampai sekarang mengalami perkem­bangan. Bentuk partisipasi pesantren dalam kehidupan sosial-kemasyaraka­tan pada mulanya melayani pengobatan dalam bentuk pedukunan dan pelayanan konsultasi kerohanian untuk masalah kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (8)

Pada tahap awal ini, pusat partisipasi atau pelayanan pesantren kepada masyarakat terpusat pada pimpinan pesantren, kiai yang memiliki kapasitas keilmuan, terutama ilmu perdukunan. Pada saat itu pula, orientasi pendidikan pesantren bernuansa mistik, yaitu orientasi untuk memperoleh kekuatan gaib. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.