Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (8)

Peran Kontemporer Santri (2)

Jumat, 27 Agustus 2021 06:23 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Peran sosial-politik tersebut, yang kemudian mengangkat lembaga pesantren menjadi agent of social change yang sangat strategis. Siapapun yang hendak mengincar kedudukan publik tertinggi di negeri ini hampir tidak bisa berhasil tanpa mendekati Pondok Pesantren. Di antara peran santri paling nyata di dalam masyarakat ialah memberi pelayanan kepada masyarakat, seperti mengatasi kemiskinan, memelihara tali persaudaraan, memberantas pengangguran, kebodohan, menciptakan kehidupan yang sehat.

Baca juga : Peran Kontemporer Santri (1)

Dalam era Covid-19 tahun-tahun terakhir ini, peran para santri dan Kiai sangat besar untuk menggalang partisipasi masyarakat untuk memelihara protokol kesehatan. Inilah salahsatu bentuk da’wah bil hal yang dilakukan oleh komunitas santri yang perlu diapresiasi oleh semua pihak.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.