Dark/Light Mode

Trend Islam Di AS (32)

Mengenal Ormas Islam di AS: Zaituna Institute

Rabu, 15 Mei 2019 11:07 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
ZI berusaha untuk menjembatani apa yang oleh Hungtington dipersoalkan di dalam tesisnya Colflic of Civilization. Jika ZIini berhasil maka boleh jadi menjadi model pendidikan untuk komunitas muslim di negara-negara minoritas muslim.

ZI berlokasi di Berkeley, California, AS. Dekade terakhir ini banyak mendapatkan perhatian dari kelas menengah muslim dan pemerintah AS. Belum lama ini, kami juga diajak pemerintah AS untuk mengunjungi ZI, kiranya menjadi sumber inspirasi untuk dunia pendidika Is¬lam di masa depan. 

Baca juga : Mengapa Islam Begitu Menarik Di AS?

Tentu saja tidak ada lembaga pendidikan Islam yang betul-betul perfect, tetapi sepintas melihat lembaga ini, terutama memperhatikan wawasan keilmuan yang dimiliki para mahasiswanya, mereka lebih mudah memahami dan mengidentifikasikan dirinya sebagai orang Islam dan sekaligus sebagai orang AS. 

Selama ini lembaga pendidikan keislaman di AS dirasakan terlalu berbau Timur Tengah, sehingan anak-anak muslim yang lahir dan besar di barat. Khususnya di AS (The western-born/second-generation muslims) tidak lagi mengalami semacam kepribadian ganda (split personality) sebagai seorang muslim dan sebagai seorang Amerika. 

Baca juga : Islam Sebagai Agama Publik Di AS

ZI sering menyelenggarakan ’Summer Camp’, semacam Pesantren Kilat, untuk memberikan pencerahan kepada anak-anak muslim di AS. Mereka mengajarkan tentang nilai-nilai universal Islam yang diparalelkan dengan nilai-nilai kemerdekaan yang dijunjung tinggi di AS. Mereka diperkenalkan bahwa nilai-nilai dan ajaran Islam lebih campatibel dengan nilai-nilai dasar AS, sebagaimana tertuang di dalam lambang AS: The one is made up of all things, and all things issue from the one (Dari yang satu terjadi segala sesuatu, dan segala sesuatu itu berasal dari yang satu). 

Kesan ini juga pernah dilukis oleh Iamam Faisal Abdul Rauf, Imam Masjid Al-Farah, dalam bentuk buku: ”What’s Right With Islam Is What’s Right With America” (Apa Yang Benar Menurut Islam itu juga Yang Benar Menurut Amerika). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.