Dark/Light Mode

Mendiamkan Kedhaliman

Sabtu, 25 September 2021 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebagai contoh, di tengah masyarakat terjadi anarkisme terhadap kelompok agama atau kepercayaan minori­tas oleh kelompok mainstream atau kelompok mayoritas, lalu tokoh masyarakat tersebut bersikap diam, tidak menegur dan tidak mencegah anggota masyarakat itu melakukan anarkisme dan pendhaliman, maka jelas ini dapat disebut sebagai ujaran kebencian.

Baca juga : Mengklaim Kekayaan Agama Lain (2)

Meskipun ia tidak melaku­kan ujaran kebencian (hate-speech) tetapi sikap melakukan pembiaran terhadap orang yang melakukan ujaran kebencian dapat ditafsirkan merestui atau mendukung secara diam-diam ujaran kebencian. Ia sesungguhnya bisa mencegah terjadinya anarkisme itu seandainya ia menyerukan larangan terhadap warganya, namun ia diam dan karena diamnya ditafsirkan sebagai bentuk persetujuan makan terjadilah anarkisme itu.

Baca juga : Mengklaim Kekayaan Agama Lain (1)

Dalam kasus tertentu, seseorang dapat dilakukan turut serta melakukan perbuatan pidana manakala seseorang memiliki kapasitas untuk mencegah perbuatan tersebut.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.