Dark/Light Mode

Membaca Tren Kelas Menengah Kaum Santri

Sabtu, 23 Oktober 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca Gus Dur, kelas menengah sant­ri sepertinya harus lebih banyak bekerja keras. Kepergian Gus Dur paling banyak dirasakan oleh kelas masyarakat ini.

Tugas Gus Dur belum sepenuhnya tuntas menyelesaikan pangkalan pendaratan para santri dalam kancah pertarungan antarelit bangsa ini. Semuanya serba tanggung. Dalam dunia politik, Gus Dur belum mewar­iskan kendaraan politik ideal bagi para santri untuk lebih mudah mengakses panggung politik nasional.

Baca juga : Bagaimana Mengatasi NII (4)

Bahkan, ia sendiri belum bisa menyak­sikan anak-anak biologisnya memainkan peran strategis di republik ini.

Dalam dunia diplomasi, bibit-bibit yang pernah ditanam Gus Dur sepertinya banyak yang layu sebelum berkembang. Dalam bidang militer apalagi, Gus Dur belum melangkah untuk menyusun strategi jangka panjang untuk mendekat­kan santri ke dalam tubuh militer.

Baca juga : Bagaimana Mengatasi NII (3)

Yang lumayan adalah dunia pendidi­kan dan pluralitas kebangsaan. Gus Dur sudah menanamkan sejumlah anak-anak intelektualnya untuk membangun dunia pendidikan dan interfaith culture yang lebih baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.