Dark/Light Mode

Keserakahan Prabu Permeo

Senin, 8 November 2021 06:26 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Prabu Permeo tidak memihak barisan Kurawa maupun Pandawa. Permeo dan pasukan gajahnya masuk ke arena perang untuk mencari barang-barang bekas para satria yang gugur dalam perang. Pakaian bekas dipreteli dan dikumpulkan untuk di-recycle kembali menjadi barang berharga. Patahan tombak dan pedang dikumpulkan untuk ditempa menjadi senjata yang memiliki ekonomi tinggi.

Baca juga : Kutukan Aji Pancasona

Bima tidak mengalami kesulitan mencari keberadaan Prabu Permeo. Begitu melihat ratu gemblung dengan muatan barang rongsokan, Bima mengayunkan senjatanya gada Rujakpala. Permeo tidak menyangka mendapat serangan mendadak. Maka dalam hitungan menit pasukan Prabu Permeo kocar-kacir. Permeo sendiri mati bersama gajah tunggangannya. Kebetulan nama gajah milik Prabu Permeo yakni Hestitama mirip dengan nama anak Pandita Durna yaitu Aswatama.

Baca juga : Tumpulnya Nurani Duryudana

Kabar matinya gajah Hestitama menyebar ke medan perang. Pandita Durna yang sedang bertapa bisu jadi kaget dan bingung mendengar Hestitama tewas oleh Bima. Durna mengira yang mati adalah anaknya Aswatama. Melihat Pandita Durna dalam keadaan bingung dan linglung, Drestajumpena melepaskan senjata ke arah Durna. Akibatnya Durna gugur seketika karena mendapat serangan mendadak.

Baca juga : Berdirinya Padepokan Sokalimo

“Prabu Permeo mencari kesempatan di tengah kesusahan para Pandawa dan Kurawa, Mo,” sela Petruk. “Betul, Tole. Permeo selain tidak beretika juga tidak bermoral. Menari di atas penderitaan orang banyak. Manusia biasanya tahan terhadap cobaan kesusahan dan kesengsaraan. Tapi kalau mau mencoba seseorang, berilah dia kekuasaan. Seperti apa yang dikatakan Abraham Lincoln,” sahut Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.