Dark/Light Mode

Deforestasi Wanamarta

Senin, 15 November 2021 06:38 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Dewa Indra melalui asistennya Resi Wilawuk berpesan agar para Pandawa tetap memperhatikan lingkungan dalam membabat hutan Wanamarta. Hanya kayu yang sudah cukup umur boleh ditebang untuk bahan bangunan. Resi Wilawuk mencari cara agar bisa bertemu langsung dengan satria Pandawa. Dengan strategi mengawinkan anak semata wayangnya yakni Jin Mambang dengan Arjuna. Maka pesan Dewa Indra agar para Pandawa menjaga lingkungan dapat terlaksana.

Baca juga : Keserakahan Prabu Permeo

Kolaborasi kekuatan Arjuna dan Jin Mambang bukan saja berhasil membuka hutan. Arjuna juga berhasil menemukan istana megah di tengah hutan Wanamarta. Istana kerajaan tersebut diperintah oleh seorang raja jin yang bernama Jin Yudhistira bersama empat saudaranya. Jin Yudhistira akhirnya menyerahkan kerajaannya kepada para satria Pandawa. Sedangkan Yudhistira menyatu dengan tubuh Puntadewa. Kerajaan tersebut akhirnya dinamakan kerajaan Amarta.

Baca juga : Kutukan Aji Pancasona

“Satria Pandawa membangun kerajaan Amarta tetap memperhatikan keseimbangan alam, Mo” celetuk Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. "Betul, Tole. Kearifan alam harus tetap dijaga. Karena kekayaan alam merupakan sumber kehidupan manusia. Jangan sampai pembangunan yang kita lakukan sekarang ini mengorbankan lingkungan dan anak cucu kita," sahut Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.