Dark/Light Mode

Merespons Pernyataan Kiai Ma’ruf

NOVEL BAMUKMIN : FPI & NU Sama Hanya Dalam Masalah Kultur

Senin, 4 Februari 2019 13:59 WIB
Merespons Pernyataan Kiai Ma’ruf NOVEL BAMUKMIN : FPI & NU Sama Hanya Dalam Masalah Kultur

 Sebelumnya 
Atau NU sendiri yang meninggalkan FPI? 
Hanya sebagian oknum NU yang tak sejalan dengan FPI. 

Soal Pemilu 2019 pilihan NU dan FPI pun terlihat berbeda. FPI cenderung ke Prabowo-Sandi, sedangkan elit NU yang ada di PBNU cenderung Jokowi-Ma’ruf Amin. Apakah ini buktinya adanya perbedaan sikap antara NU dan FPI? 
Perbedaan politik hal biasa bukan antara FPI dan NU saja. 

Baca juga : MARSUDI SYUHUD : NU & FPI Berbeda, Berdirinya Saja Beda

Tidak mau mencoba menggandeng warga NU yang ada di PBNU untuk sama-sama berjuang dengan FPI? 
Dalam berjuang kami bersama siapa saja dan sebagian NU masih bersama kami dalam berjuang. 

Anda melihat warga NU sekarang yang di bawah naungan PBNU itu seperti apa? 
Semenjak NU dipegang SAS selalu gaduh. Jangankan sama ormas-ormas yang lain, di dalam NU saja mereka sudah berpecah-belah apalagi masalah Pilpres 2019. 

Baca juga : Kita Santri Kiai Ma’ruf Amin Kita Sama Garap Ponpes Pulau Jawa

Menurut Anda apa yang harus dilakukan warga NU? 
Saya ber¬harap NU nanti di tahun 2020 dipegang oleh ulama yang istiqomah yang bisa merekatkan semua ulama dan elemen yang ada di masyarakat. 

Marsudi Syuhud mengatakan NU berdiri sebelum FPI berdiri. NU ikut berjuang mendirikan re¬publik ini. Apa tanggapan Anda? 
Jelas banget FPI ini baru 21 tahun semenjak dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1998 di pondok pesantren Al Um Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten pimpinan KH Misbahul Anam. Beliau pun berkultur NU dan pimpinan tarekat Tijaniah. Kalau mau dibandingkan dengan NU, ya usianya jauhlah. NU lahir sebelum kemerdekaan. 

Baca juga : Andre Rosiade: Itu Intimidasi, ASN Kan Punya Hak Pilih Juga

Namun di usia yang masih muda ini FPI sudah banyak mengukir prestasi baik di Indonesia maupun di dunia. Dunia itu sangat mengenal FPI dan saya tidak pernah lupa apa yang dikatakan almarhum KH Hasyim Muzadi ketika beliau bertolak ke luar negeri, bertemu para petinggi negara yang disinggahinya. Bahwa KH Hasyim Muzadi adalah FPI. 

Lalu apa saja yang sudah FPI berikan untuk negara ini? 
Prestasi FPI paling spektakuler dalam penanganan bencana tsunami di Aceh. Di Tanah Rencong tersebut FPI lebih dari setahun lamanya dengan mengerahkan kurang lebih 1.300 orang dan mengevakuasi mayat terbanyak dengan jumlah hampir 100 ribu. Saya sendiri turun di Aceh, berangkat dari Jakarta bersama Habib Rizieq Shihab dan rombongan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.