Dark/Light Mode

Merespons Pernyataan Kiai Ma’ruf

MARSUDI SYUHUD : NU & FPI Berbeda, Berdirinya Saja Beda

Senin, 4 Februari 2019 13:45 WIB
Merespons Pernyataan Kiai Ma’ruf MARSUDI SYUHUD : NU & FPI Berbeda, Berdirinya Saja Beda

RM.id  Rakyat Merdeka - Pernyataan cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin saat menghadiri acara rakernas Lem¬baga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) yang mengungkap kisah berpisahnya Front Pembela Islam (FPI) dari bagian NU memicu polemik. 

Dalam sambutannya di acara itu awalnya Ma’ruf Amin menyinggung soal tugas utama NU yang menurut dia salah satunya adalah mengantisipasi masuk dan menyebarnya gerakan radikal yang dulu berkembang di Arab Saudi. Kini, menurut Ma’ruf, paham-paham radikal itu justru sudah ada di Indonesia. 

“Wahabinya ada, HTI-nya ada, bahkan ada juga gerakan-gerakan yang dulunya tidak puas dengan gerakan yang kurang ekstrem dari NU. Mereka adalah kelompok FPI. Saat itu mereka kemudian memisah diri atau kelu¬ar dari kelompok NU karena menganggap NU kurang keras. Padahal NU itu bukan kurang keras. NU itu bijak santun dalam berjuang,” kata Ma’ruf. 

Baca juga : Andre Rosiade: Itu Intimidasi, ASN Kan Punya Hak Pilih Juga

Pernyataan Ma’ruf ini memantik polemik di kalangan umat muslim. Mereka menilai, Ma’ruf telah membelah-belah ormas Islam utamanya antara NU dengan FPI. Padahal banyak anggota dan simpatisan FPI, merupakan bagian dari NU. Berikut ini pernyataan Ketua PBNU Marsudi Syuhud dan tokoh FPI Novel Bamukmin.

Hubungan NU dengan FPI itu sebenarnya seperti apa sih saat ini hingga cawapres Ma’ruf Amin mengatakan FPI telah memisahkan diri dengan NU? 
Satu, sama-sama Islam. Kedua NU berdiri sebelum republik ini berdiri, sementara FPI baru berdiri. 

Dari jawaban itu, Anda seperti memandang FPI berbeda dengan NU? 
Berdirinya saja sudah beda. Itu berdirinya lho. NU itu kan mendirikan republik. 

Baca juga : Johnny G Plate: ASN Harus Netral, Mereka Telah Membelokkan

Maksudnya FPI bukan bagian dari NU? 
Toh organisasinya saja berbeda. 

Tapi banyak loh pengurus dan simpatisan FPI yang mazhab dan manhajnya sama dengan NU. Bagaimana itu? 
Iya artinya organisasinya saja yang berbeda, sementara agamanya sama, keyakinannya sama, Alqurannya sama, salatnya sama, aqidahnya sama, tahlilannya mungkin juga bisa sama. Akan tetapi gerakan organisasinya bisa berbeda. 

Bedanya apa? 
Kalau NU organisasi yang mempunyai gerakan yang jelas. Menggerakkan organisasi diniyah dan sosial keagamaan yang kodratnya dakwah, termasuk pendidikan dan ekonomi. Bayangkan saja kami punya 23.064 pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia. Sedangkan universitas itu sekitar 127 universitas. Untuk tsanawiyah ada 40 ribu baik jenjang SD, SMP, dan SMA. Ya kan beda? 

Baca juga : GEMBONG WARSONO : Februari Ini, Anggota Fraksi PDIP Mau Lapor

Jadi Anda ingin mengatakan bahwa NU lebih besar dan lebih maju ketimbang FPI? 
Ya enggak ngerti saya, karena saya bukan orang FPI. 

Apakah jalan dakwah NU dan FPI juga berbeda. Katakanlah FPI lebih keras, sementara NU lebih memilih moderat? 
Itu kan pilihannya. Ya jadi pilihannya dia begitu. Sementara NU pilihannya menata keilmuan melalui pendidikan-pendidikan. Menata keberadaban melalui kerukunan sosial. Kalau FPI silakan kamu lihat sendiri. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.