Dark/Light Mode

Pengurus Daerahnya Dukung Jokowi

HENDRATA THES : Kalau Pengurus DPP Mau Panggil Saya, Silakan Saja

Rabu, 13 Februari 2019 10:49 WIB
Pengurus Daerahnya Dukung Jokowi HENDRATA THES : Kalau Pengurus DPP Mau Panggil
Saya, Silakan Saja

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima bupati plus satu walikota di Maluku Utara (Malut) mendeklarasikan mendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Salah satu kepala daerah itu merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Malut. Dia adalah Bupati Sula, Hendrata Thes

Hendrata menghormati pilihan partainya yang mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun dirinya punya pilihan sendiri. Meski berbeda sikap, Hendrata tak berniat mengundurkan diri dari partainya. 

Baca juga : FERDINAND HUTAHAEAN : Setelah Pemilu, Kader Kayak Gini Akan Kita Evaluasi

Apakah sikap Hendrata ini termasuk pelanggaran terhadap AD/ART partai? Sebaliknya apakah sikap politik Hendrata justru bagian dari strategi untuk mempertahankan suara Partai Demokrat di Malut, mengingat pemilu legislatif dan pilpres saat ini digelar serentak? 

Di beberapa daerah, partai banyak yang menerapkan strategi dua kaki, lantaran basis suaranya di sana dikuasai oleh capres yang berbeda dengan yang didukung partainya. Pertanyaan selanjutnya apa dampak dari sikap Hendrata ini terhadap perolehan suara Partai Demokrat di Malut, melonjakkah atau justru anjlok?

Baca juga : Jokowi: Kalau Pencitraan, Saya Bangunnya Di Jawa...

Apa alasan Anda hingga memilih mendukung pasangan capres Jokowi-Ma’ruf Amin. Padahal partai Anda masuk dalam koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga? 
Ya kalau secara kepartaian kan partai memang (mendukung capres nomor urut) 02 (Prabowo-Sandi), tapi pribadi saya tidak bisa.  Jadi ini adalah sikap politik saya sebagai kepala daerah. Saya ini kan kepala daerah Kabupaten Sula. Artinya kalau saya memberi dukungan maka saya kerja di daerah pemilihan saya. 

Apa sikap politik Anda ini sudah direstui DPP Partai Demokrat? 
Kalau soal saya dapat izin dari DPP silakan tanya sendirilah saya tidak mau memberikan opini-opini yang tidak jelas. Namun yang jelas mendukung (capres-cawapres nomor urut) 01 adalah sikap politik saya. 

Baca juga : Jokowi: Tolong Kejar & Terus Ingatkan Saya

Jadi ini merupakan sikap politik pribadi ya bukan sikap seluruh kader Partai Demokrat Malut? 
Karena saya ketua DPD Demokrat Maluku Utara, maka melekat kepada saya. Lalu saya diidentikan ini suara partai, padahal ini suara kepala daerah. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.