Dark/Light Mode

Gelar Nyeleneh Untuk Capres Petahana

USMAN KANSONG : Tak Perlu Dipolemikkan, Maksudnya Positif Kok

Selasa, 12 Februari 2019 14:23 WIB
Gelar Nyeleneh Untuk Capres Petahana USMAN KANSONG : Tak Perlu Dipolemikkan, Maksudnya Positif Kok

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres petahana Jokowi dianugrahi gelar “Cak Jancuk” oleh para pendukungnya sendiri di acara deklarasi Forum Alumni Jatim#01 yang digelar di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur pekan lalu. Di acara itu, Jokowi sempat diteriaki “jancuk” oleh para pendu-kungnya. 

Menimpali teriakan para pendukung Jokowi, sang pembawa acara Djadi Galajapo menyematkan gelar “Cak Jancuk” untuk Jokowi. Gelar ini terkesan nyeleneh. Sebab disematkan kepada seorang presiden. ‘Jancuk’ bagi orang Jatim merupakan kata pisuhan. 

Baca juga : ROBIKIN EMHAS : Ini Untuk Kesekian Kalinya Kemendikbud Kebobolan

Namun, perkembangan zaman, kata jancuk mengalami pergeseran dan perluasan makna. Bisa menjadi makian, namun bisa juga sebagai bentuk keakraban. Sebelum menyematkan Cak Jancuk kepada capres 01, Djadi Galajapo punya pemaknaan tersendiri. Cak Jancuk merupakan akronim. Cak adalah; Cakap, Agamis, dan Kreatif. Sementara “jancuk” berarti jujur, cakap, ulet, dan komitmen. 

Kendati akronim Cak Jancuk sudah dijelaskan, polemiknya tetap saja mengalir. Banyak kalangan menilai, kata jancuk tak pantas disematkan pada seorang presiden. Hal itu berpotensi menurunkan citra presiden sebagai lembaga negara, sekaligus citra dan elektabilitas Jokowi sebagai capres. Namun sebagian lagi menilai sebagai bentuk keakraban warga Surabaya dengan Jokowi. 

Baca juga : TOTOK SUPRAYITNO : Kami Tidak Memaknai NU Sebagai Ormas Radikal

Berikut tanggapan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin atas polemik itu, dilengkapi dengan pandangan analis survei politik. Berikut penuturan lengkapnya.

Bagaimana pandangan TKN soal polemik gelar Cak Jancuk yang disematkan pada jago capres Anda? 
Ya sebetulnya enggak perlu dipolemikkan sih. Karena sebetulnya itu bukan pemberian gelar. Kalau kita lihat konteksnya, kan spontanitas MC (pembawa acara), jadi bukan dari para pendukung. Jadi ada MC yang kasih singkatan ke Pak Jokowi. Dan ‘Cak Jancuk’ sendiri kan berupa singkatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.