Dark/Light Mode

Tol Trans Jawa Tersambung

SUDARYATMO : Karakter Pengguna Jalan Tol Jarak Jauh Tidak Sensitif Waktu

Senin, 18 Februari 2019 10:34 WIB
Tol Trans Jawa Tersambung SUDARYATMO : Karakter Pengguna Jalan Tol Jarak Jauh
Tidak Sensitif Waktu

 Sebelumnya 
Lantas dengan tarif tol trans Jawa yang dianggap mahal, apakah harus ada penurunan tarif? 
Sebenarnya begini, jalan tol yang dibangun lima tahun terakhir itu rata-rata biaya investasinya cukup tinggi. Kalau cukup tinggi, perhitungan tarifnya di atas Rp1.000 per kilometer. Ternyata hitungan dari pengguna, kalau tarif tolnya itu di atas Rp1.000 per kilometer, itu masih kemahalan. Ini kan titik temunya bagaimana? Kalau yang sudah-sudah, tarif tolnya diturunkan tetapi konsensi ke¬pada jalan tol menjadi lebih lama. 

Memang berapa tarif yang diinginkan oleh masyarakat? 
Ya itu tergantung pengguna jalan tolnya. Selain itu, tol dalam kota ber-beda dengan tol antar kota. Kalau dalam kota, mereka sensitif waktu, jadi berapa pun tarif tol, itu akan dibayar, yang penting waktu tempuhnya lebih cepat. Tetapi berbeda kalau di tol antar kota, karakternya berbeda. 

Baca juga : Pengusaha Kain Pel Lawan Artis Cantik

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan tarif tol yang berlaku saat ini sesuai dengan kebutuhan operasional dan perawatan jalan tol ini sendiri. Apa tanggapan Anda? 
Dari tarif yang dibayar konsumen itu digunakan operator untuk perawatan, untuk cicil utang karena membangun tol dari pinjaman bank, terus beberapa perusahaan yang bangun itu kan perusahaan go public, artinya mereka juga harus bagi-bagi dividen. Kalau tarifnya akan diturunkan, maka biaya mana yang akan dipakai atau dipertahankan. 

Kalau marginnya yang ditekan, akibatnya para pemegang saham yang akan marah, karena sahamnya bisa kacau nanti. Kalau biaya bank, itu kan harus negosiasi dengan bank. Paling yang bisa itu adalah pemanfaatan teknologi dalam biaya perawatan dan operasional, misalnya dari pembayaran cash atau dengan petugas sepenuhnya dengan non cash atau semuanya memakai mesin saja.

Baca juga : Sandi Kaget, Warga Magelang Tak Kenal Dirinya

Sehingga tarif bisa diturunkan dan biaya operasionalnya bisa diturunkan. Lalu negosiasi dengan bank dinegosiasi ulang, jadi misalnya jangka waktu kredit dari lima tahun menjadi 10 tahun. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.