Dark/Light Mode

Teliti Kompetensi Tim Scrum Dalam Global Software Development.

Dokter UI: Pandemi Picu Transformasi Digital Secara Masif

Minggu, 20 Februari 2022 22:54 WIB
Sidang Promosi Doktor Anita Hidayati pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, pada Kamis (3/2).
Sidang Promosi Doktor Anita Hidayati pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, pada Kamis (3/2).

 Sebelumnya 
Anita mengatakan, metode ini menghasilkan kompetensi tim Scrum GSD berbasis KSA (knowledge, skill, attitude) yang dapat dikembangkan menjadi perangkat pembelajaran dan pelatihan.

  "Kompetensi ini menjadi bahan untuk penyusunan model kematangan,” katanya.

Baca juga : Di Muktamar NU, Khofifah Ajak Kader NU Percepat Transformasi Digital

Model kematangan tim Scrum GSD mengadopsi CMMI 2.0, Scrum Maturity Model, dan Agile Maturity Model. Setiap anggota tim Scrum GSD harus menguasai practice area sesuai dengan role tertentu. Tiap practice area berisi sekumpulan kompetensi yang dikelompokkan berdasarkan capability level.

Pengelompokan capability level menggunakan standar yang disusun berdasarkan SFIA dan e-CF. Practice dengan capability level dipetakan ke maturity level. Satu practice area bisa berada di maturity level yang berbeda bergantung pada kesesuaian capability level-nya.

Baca juga : Menteri Teten: Gernas BBI Perkuat Transformasi Digital UMKM

Satu maturity level bisa berisi beberapa practice area dengan capability level yang berbeda. Model kematangan ini digunakan sebagai dasar penyusunan perangkat asesmen.

Selanjutnya, perangkat asesmen digunakan untuk mengukur tingkat kematangan tim Scrum GSD. Perangkat asesmen berupa kuesioner yang disebar ke beberapa perusahaan Scrum global. Berdasarkan kuesioner tersebut, hasil asesmen dapat berupa maturity level dari tiap anggota tim dan daftar kompetensi yang masih harus ditingkatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.