Dark/Light Mode

Mengenal Hari Tanpa Bayangan

Selasa, 22 Februari 2022 03:47 WIB
Mengenal Hari Tanpa Bayangan

 Sebelumnya 
Selain mitos meningkatnya suhu saat Hari Tanpa Bayangan, ada juga salah kaprah yang menyebutkan telur bisa berdiri tegak saat terjadi fenomena ini.

Menjawab hal ini, Andi menjelaskan bahwa secara fisika, gaya pasang surut/kuncian yang diakibatkan Matahari memang bernilai maksimum saat sinar Matahari tegak lurus permukaan Bumi yang mengalami Hari Tanpa Bayangan.

Baca juga : Saran Menteri Teten : Ganti Bahan Baku Tempe

Sementara itu, bagian di dalam cangkang telur seperti kuning telur dan putih telur tersusun dari larutan suspensi yang merupakan campuran antara air dan protein. "Akan tetapi, gaya pasang surut hanya memengaruhi secara signifikan terhadap zat cair yang bermassa cukup besar seperti samudra di permukaan Bumi," kata Andi.

Untuk diketahui, massa samudra Bumi adalah sekitar 1,35 kuintiliun (10 pangkat 18) ton. Hal ini dikarenakan besarnya gaya pasang surut dari Matahari terhadap Bumi yang dialami benda bermassa 1kg hanya sekitar seperduapuluh juta gaya gravitasi yang dialami benda yang bermassa sama. 

Baca juga : Mendag Sidak Ke Pasar Tambak Rejo, Harga Migor Mahal Dan Barangnya Susah

Sedangkan massa satu butir telur, termasuk cangkang, sekitar seperenambelas kg (62,5 gram). Jika massa cangkang telur sekitar 10% dari keseluruhan massa telur, maka massa telur tanpa cangkang sekitar 56,2 gram. Sehingga, gaya pasang surut yang dialami telur tidak signifikan.

"Menegakkan telur sebenarnya dapat dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu ekuinoks (bagi pengamat di ekuator) maupun Hari Tanpa Bayangan. Selama permukaan yang digunakan untuk menegakkan terdapat sedikit cekungan kecil sehingga dapat menopang ujung telur yang bulat," tutupnya.

Baca juga : Mentan: Core Values ASN BerAkhlak Jadi Modal Hadapi Tantangan

Jadwal Hari Tanpa Bayangan
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.