Dark/Light Mode

Kenapa Pembuatan Cincin Kawin Butuh Waktu Lama? Simak Penjelasan Nikayla Jewelry

Senin, 28 Februari 2022 15:30 WIB
Cincin kawin. (Foto: Ist)
Cincin kawin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang pernikahan, ada berbagai rencana yang disiapkan. Salah satunya, model cincin kawin. Bagi banyak orang, tak mudah menentukan tanda ikatan cinta tersebut. Sebab, banyak sekali pilihan desain atau model cincin.

Biasanya, calon mempelai lebih suka memesan sesuai selera mereka, ketimbang membeli yang sudah jadi. Bagaimana sih proses pembuatan cincin kawin?

Owner Nikayla Jewelry Estu Budiawan menjelaskan, konsumen bisa memesan cincin jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan. Sebab, proses pembuatannya memang butuh waktu. Tak bisa asal-asalan. Di Nikalya Jewelry, rata-rata pembuatan cincin memakan waktu dua minggu.

Baca juga : Mentan Luncurkan Satu Data Statistik Pertanian Hortikultura

"Yang perlu Anda ingat, semakin lama pembuatan cincin yang dipesan, maka kualitas dari cincin itu akan semakin unggul dan memiliki nilai yang tinggi," tutur Estu dalam keterangannya dikutip Senin (28/2).

Artinya, lanjut dia, lamanya waktu pembuatan cincin ini sebanding dengan lamanya waktu bagi banyak pasangan untuk menentukan cincin pilihan mereka yang benar-benar cocok sebagai simbol ikatan pernikahan nantinya.

"Tentu saja, ini menjadi suatu hal yang wajar mengingat banyak pasangan yang umumnya perlu menentukan desain cincin yang tepat, apa bahan material pembuatan cincin dan tempat pembuatan cincin tersebut," terangnya.

Baca juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kemenkumham DKI Perketat Penerimaan Tahanan Baru

Yang juga mempengaruhi waktu pembuatan adalah jika pemesan memiliki ukuran jari yang spesial. Belum lagi, jika ditambahkan dengan ukiran nama pada cincin. Ini tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengerjaannya.

Proses pembuatan cincin nikah setiap toko perhiasan ataupun produsen umumnya menyediakan jasa pembuatan cincin yang memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan cincin.

Akan tetapi, untuk proses/tahapan pembuatan cincin nikah sendiri rata-rata hampir sama. Yakni dimulai dari membuat bagian tubuh cincin.

Baca juga : Kader PDIP Kembalikan Bantuan Ke Ganjar, Relawan Duga Ada Upaya Penjegalan

Di tahapan ini akan dilakukan pemotongan dan penyesuaian ukuran jari customer. Kemudian, dilakukan proses penyambungan tubuh cincin. Tahap penyambungan tubuh cincin ini nantinya akan dilakukan dengan menggunakan solder.

Proses penyambungan ini membutuhkan bahan perekat yang sama dengan logam mulia yang digunakan agar nantinya bisa membentuk lingkaran cincin yang sempurna dan tidak ada perbedaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.