Dark/Light Mode

Strategi Sukses Bisnis Online Sejak Dari Bangku Kuliah

Kamis, 31 Maret 2022 21:14 WIB
Ilustrasi. (Sumber: DomaiNesia)
Ilustrasi. (Sumber: DomaiNesia)

 Sebelumnya 
4.Memasarkan Melalui Sosial Media

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk. Namun pemilihan sosial media ini bisa disesuaikan juga dengan target market, contohnya jika ingin bisnis online baju ibu-ibu kamu bisa membuat akun bisnis di facebook.

Jika target market kamu remaja bisa menggunakan sosial media tiktok maupun instagram. Selain sosial media untuk promosi, kamu bisa menggunakan e-commerce untuk menjual produk.

Memasarkan melalui sosial media ini menjadi salah satu cara sukses bisnis online yang dapat dilakukan dengan mudah, namun diperlukan ide kreatif hingga memonitoring konten yang sudah dibuat di sosial media.

Baca juga : Saatnya Bisnis Cafe dan Resto Kembali Bangkit

Sosial media yang akan digunakan juga harus bersifat akun bisnis bukan private, sehingga walaupun calon konsumen tidak memfollow akun bisnis online kamu, mereka tetap dapat melihat produk yang dijual.

Produk bisa kamu jual melalui beberapa e-commerce antara lain shoppe, Lazada, Tokopedia atau Blibli bahkan di tiktok shop.

Layanan e-commerce atau sosial media juga memiliki berbagai macam keuntungan, salah satunya kamu bisa mencoba melakukan live streaming jualan yang saat ini menjadi trend di bisnis online.

5.Strategi Promosi yang Digunakan

Baca juga : Semangat Melesat Dari Mandalika

Strategi pemasaran melalui sosial media sudah menjadi rahasia umum dan digunakan oleh setiap pelaku bisnis online. Alhasil, kamu perlu melakukan modifikasi strategi promosi agar tidak terlihat pasaran.

Salah satu hal yang perlu kamu pelajar adalah menggunakan digital marketing. Jika kamu memiliki budget yang cukup untuk memasang iklan di media sosial, instagram menjadi salah satu platform yang pas untuk dieksplore.

Kamu bisa menggunakan ads di sosial media. Seperti facebook ads, Instagram ads ataupun menggunakan tiktok ads. Dengan menggunakan ads kamu dapat mendatangkan leads bahkan sales jika menerapkan aturan-aturan penggunaan dengan baik dan benar.

Sebelum penggunaan ads kamu juga harus memperhatikan penggunaan image atau video yang dapat menarik pelanggan. Setelah menyiapkan image dan video, kamu juga harus menyiapkan Copywriter yang baik sehingga dapat memancing masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca juga : Angin Segar Dari Mandalika

Seain itu, dengan menggunakan ads juga dapat menargetkan user yang sesuai dengan ciri khas konsumen yang sudah menjadi target market kamu, mulai dari usia, interest, lokasi dan lain sebagainya.

Sehingga keunggulan ini juga bisa menjadi potensi untuk mendatangkan sales yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tidak menggunakan strategi promosi penjualan.

Itulah lima Cara sukses bisnis online sejak dari bangku kuliah yang bisa dijadikan sebagai referensi. Membangun bisnis memang tidak mudah, meski begitu status mahasiswa tidak lantas menjadi penghalang untuk belajar membangun bisnis dan brand sendiri demi mendapatkan pemasukan. Semoga bermanfaat. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.