Dark/Light Mode

Strategi Sukses Bisnis Online Sejak Dari Bangku Kuliah

Kamis, 31 Maret 2022 21:14 WIB
Ilustrasi. (Sumber: DomaiNesia)
Ilustrasi. (Sumber: DomaiNesia)

 Sebelumnya 
Riset yang dilakukan mulai dari melihat produk knowledge mengenai produk yang akan dijual. Pengetahuan produk yang dimiliki harus bisa dijelaskan dengan detail, supaya bisa meyakinkan pembeli atas produk yang dijual.

Kamu bisa mulai dengan meminta pendapat keluarga dan teman-teman mengenai produk yang akan dijual. Jika mendapatkan feedback yang baik maka kemungkinan produk kamu juga akan banyak dilirik.

2. Menentukan Target Market Bisnis

Baca juga : Saatnya Bisnis Cafe dan Resto Kembali Bangkit

Menentukan target pasar merupakan hal yang tidak kalah penting. Jika kamu sudah memahami produk yang kamu jual maka tahap selanjutnya adalah mencari tahu target market bisnis yang cocok.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menjual baju maka kamu harus spesifik apakah ingin menjual produk baju untuk ibu-ibu, remaja atau anak-anak.

Ataupun jika kamu ingin menjual buku dan alat tulis tentunya target market adalah pelajar. Penentuan spesifik ini nantinya akan berpengaruh penting dalam membuat strategi promosi yang tepat.

Baca juga : Semangat Melesat Dari Mandalika

3.Melakukan Riset Kompetitor Bisnis Online

Tahapan selanjutnya adalah melakukan riset kompetitor bisnis online. Kamu bisa mengamati kompetitor melalui sosial media. Selain melalui sosial media bisa juga dengan cara bergabung di forum-forum bisnis online atau melihat trend yang sedang berkembang di sosial media.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan riset di antaranya adalah jenis sosial media yang digunakan, konten-konten pada sosial media, penggunaan platform penjualan, harga dan juga barang.

Baca juga : Angin Segar Dari Mandalika

Dengan melakukan riset kompetitor kamu bisa membuat keunikan pada ide bisnis sehingga dapat menarik masyarakat, terutama target yang dibidik.

Setelah kamu melakukan riset beberapa hal di atas, kamu bisa menyimpulkan dan menganalisis kekurangan dan kelebihan dari brand tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.