Dark/Light Mode

Redaxi Bersama Kedubes AS Dukung Kreativitas Generasi Z Babat Hoaks

Minggu, 10 April 2022 21:26 WIB
Nick Geissinger, Atase Pers Kedubes AS di Jakarta, dan  saat menutup kegiatan workshop Virtual Workshop Digital Story Telling, Minggu, 10 Maret 2022. (Foto RM.id/Redaxi)
Nick Geissinger, Atase Pers Kedubes AS di Jakarta, dan saat menutup kegiatan workshop Virtual Workshop Digital Story Telling, Minggu, 10 Maret 2022. (Foto RM.id/Redaxi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hoaks atau kabar bohong telah menjadi momok bagi semua pengguna internet dan media sosial, termasuk generasi Z yang dianggap sebagai anak kandung teknologi informasi tersebut. Generasi ini ternyata mempunyai cara unik mengenali dan memberantas hoaks di lingkungan mereka.

Hal ini ditunjukkan oleh 17 Finalis dari Kompetisi Video Pendek “Berantas Hoaks Cara Gue” yang diselenggarakan Relawan Edukasi Anti Hoaks Indonesia (Redaxi) pada Februari sampai Maret 2022.

Baca juga : Perpusnas Dukung Peningkatan Literasi Perempuan Dan Anak

Pengumuman pemenang kompetisi diselenggarakan, Minggu, 10 April 2022, diawali dengan acara Virtual Workshop Digital Storytelling for Social Change. 

“Kompetisi konten kreatif  ini sudah kami adakan sejak tahun 2021, dan harapannya akan bisa diadakan setiap tahun. Kegiatan seperti ini selain menampung kreativitas kaum muda juga bisa menambah jumlah konten positif di dunia maya  Indonesia,” ujar Ketua Redaxi Astari Yanuarti.

Baca juga : Bamsoet Dukung Turki Fasilitasi Pertemuan Delegasi Rusia-Ukraina

Menyisihkan lebih dari 100 peserta, Sherly Amanda, siswi SMAN 115 Jakarta yang berhasil keluar menjadi juara pertama dalam kompetisi ini.

Sherly menghasilkan karya animasi yang unik dan dengan tepat memotret perilaku penyebaran hoaks di lingkup komunitas, dan bagaimana penyebaran tersebut sebenarnya dapat diputus dengan cara sederhana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.