Dark/Light Mode

Tembus Boston Marathon

Hypersonic Jadi Pioneer Sepatu Lari Carbon Plate Pertama Di Indonesia

Sabtu, 30 April 2022 15:41 WIB
Sepatu Hypersonic. (Foto: Istimewa)
Sepatu Hypersonic. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inovasi Ortuseightrunning pada Hypersonic kali ini terdapat pada teknologi kinetic blade.

Dengan reflector dekoratif yang fungsional di bagian depan, sepatu bermaterial Jacquard Mesh ditilik lebih durable namun tetap lightweight.

Sementara pada cushion, Stratus Foam yang elastis dan lentur membuat teknik layering sandwich dengan Cumulus Foam yang mengapit Kinetic Blade menyumbang besar pada efektivitas pengiriman peningkatan back-return energi pelari.

Pada teknologi Kinetic Blade sendiri mampu menyeimbangkan sepatu dan mengarahkan momentum untuk mengurangi energy lost pada saat toe-off serta menambah pegas kaki yang berdampak pada efisiensi energi secara keseluruhan.

Baca juga : H-3 Lebaran, Menteri Sandi Cek Kepatuhan Prokes Pemudik Di Solo

Marketing, Ortuseight PT Vita Nova Atletik Ayu Putri Wulandari mengatakan, Hypesonic mengombinasikan teknologi kinetic blade dan multi-layer StratusFoam serta Cumulus Foam yang dijepit oleh plat karbon, membuat stabilitas terasa maksimal untuk pemakaian lari jarak jauh. Tajuk “Your Flying Machine” tetap disandingkan pada Hypersonic ini.

"Dengan melewati tes uji pakai dan uji lab berstandar internasional yang mengusung kekuatan fitur ultra-propulsion, sepatu ini menggunakan cushioning yang ultra-responsive dengan fleksibilitas tinggi, jaminan sepatu tahan banting yang membuat lari melenting," ujar Ayu Putri dalam keterangannya, Sabtu (30/4).

Untuk desain pada Hypersonic diberi sentuhan nuansa warna segar yang up-trend dikalangan pelari lokal masa kini. Nampak pada keseluruhan badan sepatu maupun outsole yang didominasi warna neon clash-color dengan dua pilihan warna Hypersonic Peach/White/Black & Hypersonic Electricity/Black/Ortrange. 

Sementara fitur dan material - breakdown, yang meliputi Quick Fit. Quick fit teknologi ini terdapat di bagian Upper sepatu Ortuseight dengan material pelapis dalam upper sepatu yang lembut agar fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki pemakai.

Baca juga : Lestari: Perjuangan Kartini Jadi Energi Perempuan Indonesia

Ayu Putri mengatakan, khusus untuk seri Hypersonic, sepatu ini dibuat double midsole, yaitu teknik dimana Ortuseight menggabungkan dua bahan yang saling melengkapi satu sama lain dengan perhitungan desain khusus.

"Sebagai pilihan midsole materialnya terbuat dari bahan Injection Phylon yang sangat empuk sekaligus ringan. Teknologi ini juga mampu meredam benturan kaki ke permukaan tanah sehingga pelari terhindar dari cedera lutut," ujarnya.

Teknologi double midsole ini dapat bekerja paling baik selama lari jarak jauh karena gabungan dari kedua teknologi ini membuat bahan midsole menjadi ringan dan tidak membebani kaki.

Tujuan menggunakan pelat serat karbon pada sepatu atletik berakar pada gagasan untuk meningkatkan pengembalian energi, atau di mana jari kaki atlet terdorong dari tanah. Pelat serat karbon dibentuk dengan lengkungan yang sedikit menekuk ke bawah di bawah bola kaki.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Pabrik Fraksionasi Plasma Pertama Di Indonesia

“Menggunakan hypersonic sangat luar biasa khususnya dalam latihan long-run dimana teknologi carbon plate sangat membantu dalam bouncing saat berlari sehingga kelelahan kaki dapat dieliminisasi,” ujar Coach Hendri Pardede, Boston qualifier yang mewakili Indonesia tahun lalu.

Hendri menambahkan Hypersonic sangat pantas menjadi salah satu pilihan running gear andalan.

"Saya menggunakannya di Boston Marathon. Sangat membantu saya untuk mencapai finish, performanya luar biasa sehingga saya dapat bersaing dengan pelari luar negeri lainnya,” ujar Hendri. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.