Dark/Light Mode

Dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah III, I3L Teken Kerja Sama Hibah Penelitian

Rabu, 27 Juli 2022 19:36 WIB
Foto: Dok. I3L
Foto: Dok. I3L

 Sebelumnya 
Kedua narasumber tersebut juga merupakan reviewer nasional yang dimiliki oleh Kemendikbudristek Pada skema ini, Marsia Gustiananda, Ph.D. selaku Ketua Peneliti bekerjasma dengan Universitätsklinikum Tuebingen, Jerman dan Mahidol University, Thailand.

Total dana penelitian keseluruhan dari konsorsium ini mencapai EUR 326,000. Rektor Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), Katherine, Ph.D. dalam pidato menjelaskan bahwa peningkatan penelitian i3L tidak terlepas dari strategi i3L dalam melakukan penelitian itu sendiri.

"Di i3L, pelaksanaan kegiatan penelitian tidak dibagi berdasarkan studi program melainkan berdasarkan pada kluster bidang penelitian," ujarnya dalam keterangan, Rabu (27/7).

Baca juga : Aplikasikan Teori Kuliah, FTUP Kerja Sama Dengan Pelaku Industri

Lebih lanjut Katherine menjelaskan, terdapat 5 bidang penelitian utama i3L yaitu Inovasi Pangan dan Nutrisi, Bioteknologi untuk Masyarakat Berkelanjutan, Ilmu Hayati untuk Kesehatan dan kesejahteraan, Teknologi Informasi pada Ilmu Hayati, dan Valorisasi Ilmu Hayati. Hal ini diyakini telah berhasil meningkatkan kerja sama penelitian lintas disiplin di i3L.

“Adapun strategi lainnya yaitu dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan penelitian dosen. Tidak hanya sebagai tugas akhir atau skripsi, mahasiswa i3L telah terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dosen dari tahun awal perkuliahan”, ungkap Katherine.

Pencanangan program Merdeka Belajar oleh pemerintah dan pelaksanaan program tersebut di i3L juga telah membantu peningkatan kegiatan penelitian di i3L.

Baca juga : Dikaitkan Dengan ACT, Bukalapak Tegaskan Kerja Sama Sudah Berakhir 2019

Katherine mengatakan, sebagai perguruan tinggi dengan bahasa pengantar yaitu bahasa inggris, dosen maupun mahasiswa i3L memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni.

Hal ini juga menjadi faktor pendukung publikasi hasil penelitian pada jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Sharing strategi penelitian i3L dalam penandatanganan kontrak penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kretivitas mahasiswa LLDIKTI wilayah 3 diharapkan dapat memotivasi universitas khusunya institusi baru di lingkungan LLDIKTI 3 untuk meningkatkan perolehan pendanaan hibah di tahun mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.