Dark/Light Mode

6 Cara Hindari Cyber Attack Pada Nama Domain

Senin, 1 Agustus 2022 13:50 WIB
Foto: Dok. PANDI
Foto: Dok. PANDI

 Sebelumnya 
4. Modifikasi domain 2FA Two-factor authentication (2FA) berguna untuk mengamankan akun dan domain. Kamu bisa menggunakan perangkat terpercaya untuk membuat kode akses untuk menyetujui perubahan domain apapun.

Two-factor authentication (2FA) adalah lapisan validasi tambahan yang penting untuk bisnis online atau ketika kamu bekerja dengan banyak orang dalam satu tempat untuk mengelola domain.

5. Hindari Memberikan Akses Manajemen Domain Meskipun mungkin kamu ingin membagi akses manajemen domain ke karyawan atau perusahaan pihak ketiga, sebetulnya tindakan itu tidak terlalu baik.

Baca juga : Begini Cara Mitsubishi Bikin Dealer Jadi Ramah Anak

Akses untuk manajemen domain adalah informasi berharga. Idealnya, kamu menjadi satu-satunya orang yang memiliki akses ke domain.

Namun, jika kamu memiliki banyak kesibukan, maka pastikan domain terdaftar atas nama perusahaan dan bukan atas nama karyawan. Atau kamu bisa memberikan akses terbatas yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, memberikan akses manajemen DNS pada pimpinan tim teknis.

6. Gunakan Antivirus dan Anti-spyware Antivirus akan melindungimu dari virus yang dapat memodifikasi program. Virus ini dirancang untuk menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya.

Baca juga : Skandal Di Tirta Kamandanu

Virus ini bisa mencuri kata sandi, mencatat penekanan tombol, dan merusak file. Anti-spyware bertujuan untuk mendeteksi dan menghapus program spyware berbahaya yang digunakan untuk melacak aktivitas online dan mencuri informasi berharga.

Mulai Lindungi Domain Kamu Hari Ini! Dari penjelasan diatas, telah dipaparkan beberapa fitur keamanan yang bisa digunakan untuk memastikan domain kamu tetap aman.

Bukan hanya informasi saja yang berisiko, tetapi juga informasi pelanggan yang bisa terancam, serta reputasi sebagai sebuah bisnis.

Baca juga : Anak Muda Di Senayan Dijagokan Di Subang...

Sekarang, kamu tahu kan betapa penting menjaga keamanan domain untuk kelangsungan usaha. Masih ada banyak cara kreatif lain yang bisa kamu coba. Jangan lengah dan terus kembangkan cara mengamankan domain. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.