Dark/Light Mode

6 Cara Hindari Cyber Attack Pada Nama Domain

Senin, 1 Agustus 2022 13:50 WIB
Foto: Dok. PANDI
Foto: Dok. PANDI

 Sebelumnya 
Aman Pakai Domain .ID Milik PANDI Untuk kita di Indonesia, akan lebih aman menggunakan domain.ID dari PANDI. Karena Pandi akan menjaga penggunaan domain ID dari aktivitas yang melanggar hukum seperti perjudian, pornografi, hingga penipuan.

Jika terjadi pelanggaran, misalnya penipuan, Pandi memiliki hak untuk mencabut kepemilikan domain ID yang bersangkutan. Untuk bisa menggunakan beberapa domain ID, kamu harus menyertakan kartu identitas dan persyaratan lain jika website yang kamu buat adalah website institusi.

Hal ini tentu akan menguntungkan karena website kamu tidak akan dikategorikan sebagai website yang berbahaya. Selain aman, menggunakan domain ID juga mempercepat akses.

Berbagai domain ID juga bisa kamu dapatkan di DomaiNesia yang melalui RNA, merupakan mitra dan registrar resmi Pandi. DomaiNesia pun menyediakan fitur DNSSEC serta tidak menampilkan data kepemilikan domain di Whois.

Kamu tidak perlu khawatir data-data penting terkait kepemilikan tersebar ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Begini Cara Mitsubishi Bikin Dealer Jadi Ramah Anak

Cara Mengamankan Nama Domain Setelah membahas tentang mengapa kamu perlu memiliki nama domain dan pentingnya domain bagi pengusaha online, sekarang saatnya mempelajari cara mengamankan domain website.

Ada banyak cara untuk mengamankannya, seperti menjaga status domain, memahami layanan privasi, registri, dan kunci registrar, dan lain-lain.

1. Layanan Privasi Banyak registrar yang menawarkan layanan privasi domain gratis maupun berbayar. Layanan tersebut akan menyembunyikan informasi kontak kamu di Whois.

Ini adalah fitur dasar dan penting yang dapat mencegah perusahaan pemasaran dan penipu online mengetahui detail seperti alamat email, alamat pos, dan nomor telepon kamu.

Beberapa registri menetapkan bahwa pelanggan harus mengungkapkan informasi kontak mereka di Whois. Atau, jika kamu menjual domain, kamu bisa membuat informasi kontak terlihat sehingga calon pembeli dapat menghubungi bisnismu.

Baca juga : Skandal Di Tirta Kamandanu

2. Daftar Ancaman Web Google Safe Browsing melihat miliaran URL setiap hari untuk menentukan aman atau tidaknya sebuah website bagi pengguna.

Jika ada website yang dianggap berbahaya untuk dikunjungi, Google mungkin akan melakukan deindeks. Dengan menggunakan status checker, kamu bisa melihat apakah website kamu ditandai sebagai website yang aman atau tidak.

Jika nama domain kamu terdaftar sebagai website yang berbahaya, pesan peringatan akan muncul ketika pengguna lain mencoba untuk membuka website tersebut.

Jadi kamu sebaiknya juga memantau daftar ancaman web untuk memastikan bahwa nama domain tidak ditampilkan sebagai sesuatu yang berbahaya.

3. Perpanjang Masa Tenggang (Grace Period) Biasanya, jika domain tidak diperpanjang tepat waktu, domain akan berhenti berfungsi pada hari kedaluwarsa.

Baca juga : Anak Muda Di Senayan Dijagokan Di Subang...

Jika domain berhenti, kamu tidak bisa melakukan perubahan apapun dan semua layanan yang terhubung juga akan ikut terhenti.

Masa tenggang yang diperpanjang adalah mekanisme perlindungan ekstra yang memberi kamu lebih banyak waktu untuk memperbarui domain sambil menjaga layanan tetap berjalan. Memperpanjang masa tenggang bisa kamu lakukan jika opsi pembayaran yang digunakan tidak berhasil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.