Dark/Light Mode

Waspada, Kejahatan Phising Incar Uang Pengguna Internet

Sabtu, 29 Oktober 2022 22:29 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Jakarta Edy Prihantoro menambahkan, dibutuhkan peran dan dukungan pemerintah untuk memperketat keamanan siber di Indonesia.

Cara yang bisa dilakukan pemerintah adalah memperkuat penegakan hukum Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Baca juga : Gus Miftah Dukung Ganjar Pranowo Mengabdi Untuk Indonesia

Perlu koordinasi dan sinergi yang kuat antara lembaga pemerintah, seperti Kementerian Pertahanan, Polri, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Yang tak kalah penting lainnya adalah memperkuat infrastruktur digital yang aman, dengan memperbarui teknologi keamanan siber untuk memitigasi ragam ancaman siber yang ada,” ucap Edy.

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Gencarkan Penandaan Dan Pendataan Ternak

Adapun webinar ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Acara ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.