Dark/Light Mode

Terbukti Secara Sains, Menyimpan Rahasia Itu Berat Banget...

Selasa, 21 Februari 2023 09:00 WIB
Ilustrasi menyimpan rahasia (Foto: Net)
Ilustrasi menyimpan rahasia (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenang saja, kan kubawa rahasia ini sampai mati. Tenang saja, kan kusimpan rahasia ini sampai jadi arang.

Kalimat model begitu, sering kita dengar dari orang yang dititipi amanat berupa rahasia. Atau barangkali, kita juga pernah mengucap janji seperti itu.

Tapi, tahukah Anda, bahwa menyimpan rahasia itu berat? Tak hanya menggerus pikiran, tetapi juga fisik. Dan itu terbukti secara sains.

Baca juga : Restock.id Membuka Gudang Penyimpanan Besar untuk UMKM

Menurut Journal of Personality and Social Psychology 2017, beban pikiran menjadi berat, bukan karena harus menyembunyikan rahasia. Poin terpentingnya, beban itu muncul karena kita harus memikirkan untuk merahasiakannya. Serta membawa rahasia tersebut, dalam kurun waktu yang panjang.

Lewat akun Instagramnya, Ahli Biologi Molekuler Riza Arief Putranto DEA PhD mengatakan, beragam riset menunjukkan, menyimpan rahasia dalam waktu lama berpotensi mempengaruhi hormon stres, tekanan darah, gangguan tidur, kesehatan mental, hingga sakit kronis.

Sebuah survey terhadap 5.000 partisipan oleh Michael Slepian dari Columbia Business School menemukan fakta, 97 persen partisipan menyimpan setidaknya satu rahasia.

Baca juga : Terinspirasi Surya Paloh, Nuri Shaden Resmi Berlabuh Ke NasDem

Riza yang merupakan alumnus UGM dan Montpellier University Prancis mengatakan, secara rerata, orang menyimpan setidaknya 13 rahasia terkait preferensi, harapan atau isu dan gosip terkait orang lain," jelas Riza.

Social Psychological and Personality Science 2019 menunjukkan, melepaskan beban rahasia secara signifikan, dapat melegakan pikiran yang bersangkutan.

"Jika Anda harus simpan rahasia, pastikan itu untuk something worthy to do. Karena itu berat banget," ucap Riza mewanti-wanti. â– 

Baca juga : Jangan Lupa Pulang, Bangun Negeri Kita

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.