Dark/Light Mode

5 Tips Atasi Cemas Hadapi Kondisi Keuangan Pasca Lebaran

Kamis, 11 Mei 2023 21:52 WIB
Foto: Ilustrasi uang THR
Foto: Ilustrasi uang THR

RM.id  Rakyat Merdeka - Gaji dan uang tunjangan hari raya (THR) yang didapatkan secara bersamaan menimbulkan hasrat untuk memenuhi kebutuhan pada saat Lebaran.

Namun kebiasaan ini tak jarang membuat pengeluaran secara berlebihan (over-spending).

Menurut riset YouGov RealTime Omnibus tahun 2022, dua pertiga atau hampir 70 persen orang Indonesia yang saat ini bekerja, memiliki rencana untuk menggunakan sebagian THR untuk berbelanja.

Baca juga : Perpi Dukung Digitalisasi Dan Jamin Keamanan Data Perusahaan

Sebanyak 57 persen juga mengatakan akan menyimpan sebagian dari hasil THR yang didapat. Sementara, hampir sepertiga penduduk Indonesia berencana menggunakan THR untuk donasi atau zakat fitrah (32 persen) atau investasi (31 persen).

Temuan ini menjadi cerminan banyaknya kebutuhan finansial masyarakat yang perlu dipenuhi selama bulan Ramadan, khususnya menjelang Lebaran.

Berikut 5 tips mengelola keuangan dari Danamon melalui gerakan #LawanCemasFinansial agar masyarakat tetap tenang dan dapat memiliki keuangan yang stabil setelah melewati momen lebaran.

Baca juga : PPP Mulai Konsolidasi Menangkan Ganjar Pranowo Di Pemilu 2024

Pertama, Overspending saat Lebaran? Wajib punya rencana keuangan! Pengeluaran yang berlebihan, terkadang jadi bikin hati cemas dan tidak fokus.

Dengan membuat perencanaan keuangan, masyarakat dapat dengan jelas mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki saat ini, termasuk alur pendapatan dan pengeluarannya.

Sebagai permulaan, buatlah perencanaan keuangan yang sederhana dengan mencatat penghasilan dan pengeluaran setiap harinya agar dapat mengetahui dana yang tersedia untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.