Dark/Light Mode

I Love Monday

9 Tips Bahagia Bekerja di Hari Senin

Senin, 23 September 2019 13:30 WIB
(Foto Net)
(Foto Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Merasa tidak bersemangat di hari Senin? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Stres, kecemasan dan depresi yang Anda rasakan dialami 75 persen pekerja. Istilahnya sering disebut dengan Monday Blues. 

Kenyataannya, Monday Blues bisa terjadi meski Anda mencintai pekerjaan Anda. Hal itu tidak mengejutkan. Inilah alasannya. Kita memulai setiap Jumat dengan senang hati karena akan mempersiapkan akhir pekan. Kita tidak perlu mengatur alarm, dan kita memiliki kendali bagaimana kita menghabiskan waktu kita selama akhir pekan. Pada Minggu malam tiba, kita kembali memikirkan tentang kesibukan, daftar kerja, beban kerja kita untuk sepekan.

Walaupun hari Senin jadi momok, Forbes.com memberikan beberapa tips agar bahagia dan cerita menyongsong hari Senin.

1. Mulai hari Senin dengan kegiatan baru

Selesaikan pekerjaan Anda pekan lalu di hari Jumat. Menyisakan kerjaan pekan lalu membuat Anda tegang dan resah menjalani awal pekan berikutnya.

Baca juga : Ibu Kota Pindah Ke Kaltim, XL Axiata Perkuat Jaringan

2. Rencanakan untuk Sukses

Alih-alih langsung mengecek e-mail dan voice mail, Anda perlu membuat rencana terlebih dahulu untuk memastikan hari-hari Anda berjalan efektif dan sukses. Buatlah rencana sukses ini setiap hari Jumat atau Minggu, sehingga Anda semangat memulai hari Senin.

4. Bangun Lebih Cepat di Hari Senin

Tidurlah lebih cepat di hari Minggu sehingga bisa bangun lebih cepat di hari Senin. Lakukan olahraga. Bisa jalan-jalan hingga meditasi.

5. Sarapan yang Cukup

Baca juga : Indonesia-Saudi Terus Matangkan Implementasi SPSK Bagi Pekerja Migran

Sarapan yang baik dapat memberi energi dan semangat memulai hari-hari untuk bekerja. Jangan makan terlalu kenyang karena bisa memicu kantuk ketika memulai hari.

6. Hubungkan dengan Tujuan Anda

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda  dalam bekerja. Mengenali tujuan Anda bekerja sangat penting. Ketika kita tahu apa yang membuat diri kita bersemangat, kita akan bahagia memulai hari Senin. 

7. Pilih Karier Sesuai Kehidupan Ideal Kita Kebanyakan orang memilih karier terlebih dahulu, kemudian mencoba menyesuaikan hidup mereka dengan karier yang dimiliki.

Sebaiknya, kita memilih karier yang sesuai dengan gaya hidup dan jadwal yang kita inginkan. Ketika kita memilih karier yang selaras dengan kehidupan dan impian, hari Senin akan menjadi sangat menyenangkan.

Baca juga : BAP DPD Minta Pemda Garut Sikapi Banjir di Desa Leles

8. Lakukan yang Terbaik

Ketika kita mulai fokus untuk melakukan yang terbaik, kita mulai menciptakan lingkungan yang positif dan menularkannya kepada lingkungan sekitar. Tentunya, ini akan membuat hari Senin terasa lebih menyenangkan.

9. Ubah pekerjaan Anda

Setelah Anda mengklarifikasi jalan Anda, Anda mungkin menemukan bahwa posisi Anda saat ini adalah batu loncatan mencapai tujuan Anda. Jika ini masalahnya, penting untuk tetap proaktif. Satu kesalahan yang banyak dari kita lakukan adalah bahwa bahkan ketika kita tahu sudah waktunya untuk pindah, kita berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mungkin itu tidak seburuk yang kita rasakan sehingga rasa sakitnya menjadi tak tertahankan dan membuat keputusan karena putus asa.

Gunakan malam Minggu Anda untuk memetakan langkah-langkah Anda berikutnya. Dengan cara itu Anda dapat memulai setiap hari Senin dengan semangat karena Anda memiliki rencana yang jelas untuk tidak hanya satu pekan ke depan tetapi juga untuk masa depan Anda. Mau mencoba? [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.