Dark/Light Mode

Tahun Ini, Presiden University Buka Prodi Kedokteran

Minggu, 3 September 2023 20:35 WIB
Soepanji (tengah) Ketua Yayasan Presuniv dan Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy (kedua kanan). (Foto: Istimewa)
Soepanji (tengah) Ketua Yayasan Presuniv dan Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy (kedua kanan). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Fakultas kedokteran Presuniv akan fokus pada upaya pencegahan dan promotif terhadap aspek kesehatan dan keselamatan kerja," ujarnya.

Lebih lanjut Darmono menjelaskan, Fakultas Kedokteran Presuniv nantinya juga akan berkontribusi mengembangkan Academic Health System (AHS) di Kabupaten Bekasi yang bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari klinik, Puskesmas, rumah sakit, kalangan industri, dan pemerintah.

"Membuka Fakultas Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter merupakan salah satu bagian dari visi besar kami saat mendirikan kampus ini. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan izin kepada President University untuk menyelenggarakan pendidikan kedokteran,” ujar Darmono.

Baca juga : Malam Ini, Persis Tantang Barito Putera

Sementara itu, Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy mengatakan proses pembukaan kedua prodi ini sudah sudah mulai dilakukan sejak 10 tahun lalu.

Chairy menjelaskan, proses yang ditempuh sempat terhambat menyusul adanya kebijakan moratorium pembukaan prodi kedokteran yang berlaku secara nasional.

"Kesiapan kedua prodi yang begitu matang membuat pihak Presuniv tidak lagi menunda penerimaan mahasiswa baru. Perkuliahan Fakultas Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter di Presuniv dijadwalkan akan dimulai pada 25 September 2023," ujar Chairy.

Baca juga : Cegah Intoleransi, Perempuan Sangat Krusial Tentukan Pola Pikir Keluarga

Salah satu kesiapannya adalah tenaga dosen, fasilitas laboratorium dan tempat praktikum, yang dimiliki serta keberadaan rumah sakit pendidikan utama yakni dengan menggandeng RSUD Bekasi .

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Presuniv Prof. Dr. Budi Setiabudiawan mengatakan Fakultas Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter di Presuniv memiliki visi dan misi untuk mencetak dokter yang profesional, kompeten, inovatif, dan tak lupa juga humanis.

"Seorang dokter harus punya jiwa humanis, karena mungkin sering dengar keluhan dokternya. Buat apa dokter pintar tapi tidak humanis," tegas Budi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.