Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Journalism Day U-Bakrie Soroti Revolusi Streaming Dan Tren Konsumsi Informasi

Jumat, 29 September 2023 14:21 WIB
Meclub, klub mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie UBakrie saat menggelar Journalism Day 2023 di Kampus Plaza Festival, Rabu, 27 September 2023. (Foto : ist)
Meclub, klub mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie UBakrie saat menggelar Journalism Day 2023 di Kampus Plaza Festival, Rabu, 27 September 2023. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Platform streaming telah mengubah cara seseorang mengonsumsi konten hiburan, mulai dari film dan serial televisi hingga musik dan podcast.

Platform streaming menjadi medium yang dominan dalam memberikan akses tak terbatas kepada penonton di seluruh dunia.

Fenomena ini tidak hanya mengubah paradigma industri hiburan, tetapi juga membuka pintu bagi eksplorasi konten yang lebih luas.

Baca juga : Jadi Sponsor Resmi, Sinar Mas Dukung Timnas Sepak Bola Indonesia

Berangkat dari hal itu, Meclub, klub mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (UBakrie) mengadakan acara Journalism Day 2023. Acara ini bertema "Revolusi Platform Streaming dan Tren Konsumsi Informasi". Acara ini berlangsung pada Rabu, 27 September 2023 di Kampus Plaza Festival.

Kegiatan menjadi pusat perhatian bagi pemikir, profesional media, akademisi, dan mahasiswa untuk memahami secara mendalam bagaimana evolusi platform streaming dan perubahan dalam perilaku konsumen informasi akan membentuk masa depan jurnalisme dan komunikasi.

Acara ini menghadirkan Adhi Bekti Bimantara, seorang Content Strategy Manager dari Netverse, yang membahas konten dan strategi di balik platform streaming secara mendalam.

Baca juga : Krakatau Urban Valley, Cara Krakatau Steel Kembangkan Green Infrastructure

"Platform streaming memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada penonton untuk memilih konten sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Tidak hanya itu, beliau juga menyoroti evolusi televisi menjadi layanan media Over The Top (OTT)," ungkap Adhi dalam sesi pemaparan tentang Content that Content.

Selanujutnya Dr. Aryo Subarkah, M.Si, dosen Ilmu Komunikasi UBakrie. "Media baru saat ini belum mampu menggeser media lama. TV konvensional masih dominan. Durasi menontonnya masih tingg. Namhn menariknya, kehadiran OTT memberikan alternatif bagi khalayak mendapatkan hiburan dan informasi yang berbeda dari media atau platform lainnya" ungkapnya.

Perspektif mahasiswa yang diwakili oleh salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Nita Khairina menjelaskan, generasi muda melihat dan berinteraksi dengan konten di era streaming, serta bagaimana mereka dapat berkontribusi pada masa depan jurnalisme dan komunikasi.

Baca juga : Vegeta Bersama SehatQ Edukasi Karyawan Tentang Pentingnya Konsumsi Serat

Tidak hanya itu, acara ini juga menyelenggarakan bootcamp yang sangat bermanfaat tentang jurnalisme dan penciptaan konten oleh Wanda Dwiutari, seorang jurnalis dan konten kreator berpengalaman. Bootcamp ini memberikan peserta pelatihan praktis tentang cara menjadi jurnalis dan pencipta konten yang sukses di era digital ini.

Journalism Day 2023 diharapkan mampu menjadi landasan untuk inovasi dan perkembangan lebih lanjut dalam dunia jurnalisme dan komunikasi di masa mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.