Dark/Light Mode

60 Menit Tertawa Lepas, Ternyata Bisa Dongkrak Sistem Imun Dan Bertahan 1 Hari

Minggu, 19 November 2023 16:46 WIB
Ilustrasi tertawa lepas (Foto: Net)
Ilustrasi tertawa lepas (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ingin sehat dan awet muda? Jangan sungkan untuk tertawa lepas. Studi Alt Ther in Health & Med (2003) memperlihatkan, tertawa lepas selama 60 menit dapat meningkatkan sistem imun, dan bertahan selama satu hari.

Laughter is a medicine too. Begitu kata Ahli Biologi Molekuler Riza Arief Putranto via Instagram.

Baca juga : Hari Ini Tes Kesehatan Di RSPAD, Anies-Imin Siap Jasmani Dan Rohani

"Emosi negatif lebih cepat memberikan efek. Sementara kompensasinya, membutuhkan effort dua kali lebih lama untuk mendapatkan efek yang sama. Jangan biarkan hal negatif mudah merusak kita, karena menyembuhkannya butuh effort," jelas Riza.

Benefit Senyum

Dalam postingan Instagramnya, Riza juga menjelaskan soal Morning Smile Science. Bahwa 60 detik tersenyum di pagi hari, ternyata bisa mengaktifkan endorfin dan serotonin. Positive mindset di otak, bahkan dapat aktif hingga 24 jam.

Baca juga : Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Pengamat: Bisa Tingkatkan Kepercayaan Pada Hukum

Makanya, tak usah heran, kalau ada yang bilang ke kita, "Pagi-pagi kok sudah merengut saja sih? Senyum sedikit agar perasaanmu membaik". Karena hal tersebut terbukti secara saintifik.

"Pagi hari, otak kamu telah dibersihkan dari toksin saat kamu tidur. Itu sebabnya, input pertama yang kamu lakukan di pagi ini, menentukan bagaimana otak kamu bekerja dalam satu hari," beber Riza.

Baca juga : BNI dan UKI Teken Kerja Sama Program Ekosistem Keuangan Perguruan Tinggi

Sains juga menunjukkan, tersenyum mampu menginduksi sistem imun, memproduksi feel-good hormones dan menularkannya ke semua orang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.