Dark/Light Mode

Sasar Kelas ACG, HalluApp Jembatani Kreator Muda Tembus Pasar Global

Minggu, 26 November 2023 13:36 WIB
HalluApp sukses besar sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya. (Foto: Dok. HalluApp)
HalluApp sukses besar sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya. (Foto: Dok. HalluApp)

RM.id  Rakyat Merdeka - HaluApp yang berada di bawah naungan PT Wibu Sukses Bersama sukses besar sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya.

Saat ini, HaluApp memiliki total nyaris 10 ribu pembuat konten independen dan mendekati 100 ribu userbase.

Kesuksesan HaluApp tak lepas dari tangan dingin salah satu pendirinya yaitu, Marcell Tee.

Lahir dan besar di tengah keluarga pengusaha, naluri bisnis sudah mengalir dalam darah Marcell sejak usia belia.

Namun, bukan hanya faktor genetika dari orangtua, Marcell mengaku punya chemistry dan bekal kuat yang mendorongnya memilih menjadi seorang entrepreneur. Apa itu?

"Mimpi besar. Saya berani bermimpi besar dan akan selalu berusaha keras menjadikan mimpi itu menjadi kenyataan di hidup saya," kata Marcell dalam keterangan resminya, Minggu (26/11/2023).

Baca juga : Janji Jiwa dan Netflix, Hadirkan Kopi Gadis Kretek dan Teh Mawar Gadis

Mimpi besar ini pula yang kemudian mengantarkan Marcell ke bisnis aplikasi wibu yang tergolong masih sangat segmented dan langka, terutama di Indonesia.

Setelah menganalisa peluang besarnya, Marcell berani meninggalkan bisnis pertama yang sudah dirintisnya sejak masih kuliah di sektor ekspor impor.

"Saya ingin menjadi game changer di market ACG (anime, comic and games) yang besar. Saya melihat peluangnya sangat luar biasa di Indonesia," ujarnya.

Menurut analisa Marcell, bisnis HaluApp sangat menjanjikan karena perkembangan pasar ACG di Indonesia yang sangat besar, terutama saat pandemi Covid-19 melanda.

Ditambahkan Marcell, pertumbuhan pasar ACG ini didukung oleh peningkatan aksesibilitas konten melalui platform digital, peran media sosial dalam memperluas kesadaran akan produk ACG, pengembangan karya-karya lokal, peningkatan jumlah acara dari setiap tahunnya, perkembangan industri game lokal, serta semakin banyaknya toko yang menjual produk ACG.

"Menurut saya, yang paling penting lagi adalah meningkatnya partisipasi masyarakat Indonesia dalam konsumsi konten ACG," tuturnya.

Baca juga : Kementerian BUMN Dorong UMKM Surabaya Tembus Pasar Global

Tidak hanya soal peluang besar, Marcell juga punya misi suci di balik keputusannya terjun di bisnis aplikasi wibu ini.

"Saya ingin membantu banyak orang untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan menghasilkan income tambahan atau bahkan penghasilan utama dari HaluApp," ujarnya.

Marcell berharap agar HaluApp bisa menjadi sebuah jawaban untuk market ACG di Indonesia dan semoga saya bisa memberikan impact yang baik untuk para kreator di Indonesia.

Para kreator yang terdaftar dan bergabung di HaluApp secara instan akan menerima pesanan atau komisi komersil dari followers dan brands untuk berbagai kategori layanan, mulai dari karya ilustrasi dan foto hingga pembuatan branded video.

Menurut Marcell, HaluApp ini platform yang mempertemukan para kreator, dari mulai baik fotografer, livestreamer, ilustrator, official brands, communities, gamer, music idols, cosplayer, graphic designer, V-tuber, dan lain-lain, dengan penggemar atau konsumennya.

Dalam pengembangan usahanya, Marcell tentu saja tidak akan menjadikan HaluApp sebagai marketplace saja, tapi juga sebagai jembatan para kreator ACG di Indonesia dengan brand ternama, baik lokal maupun internasional.

Baca juga : Program Bazaar Shopee Pilih Lokal, Fasilitasi Perajin Batik Tembus Pasar Global

Kendati demikian, Marcell menyadari, jalan menuju sebuah kesuksesan itu tidak akan selalu mulus.

Dikatakannya, jalan terjal dan berliku akan selalu ditemui para pelaku bisnis di sektor apapun, termasuk HaluApp.

"Dari bulan Januari sampai sekarang, banyak tantangan baru. Tapi tetap, semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan business plan para founders," jelasnya.

Marcell mengakui, selain bisnis, musik merupakan sisi lain yang sulit dipisahkan dari kehidupannya. Maklum, sejak kelas 1 SD, ia sudah gemar memainkan berbagai alat musik seperti piano, cello, biola, gitar, flute dan beberapa alat musik lain.

Kepada generasi Z sekarang, Marcell punya pesan spesial yang bisa dijadikan motivasi menjalani hidup.

"Bermimpi besarlah sampai orang yang berpikiran kecil menyebutmu gila. Ingat juga motivasi yang paling kuat dalam hidup ini adalah penolakan," ujar Marcell.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.